Beradaptasi adalah hal yang dilakukan oleh UISI dalam menghadapi era New Normal
Beradaptasi adalah hal yang dilakukan oleh UISI dalam menghadapi era New Normal
4 Juli 2020 | Tim Media UISI

5 Tahapan New Normal ala UISI

UISI berusaha menciptakan budaya baru untuk semua yang terlibat dengan UISI. Beginilah tahapan UISI untuk menyiapkan lingkungannya ber-budaya baru untuk new normal

 

Seiring dilonggarkannya Pembatasan Sosial Berskala Baru (PSBB) di Indonesia, muncul istilah baru yaitu new normal. World Health Organization (WHO) mengharapkan periode New Normal ini dilaksanakan sebagai penyesuaian langkah dengan cepat, meniadakan pembatasan sosial dan membuka aktivitas sosial secara bertahap. Namun, tetap meninjau keefektifan dari setiap tindakan yang diambil.

Mau tidak mau, setiap orang harus siap menyesuaikan dirinya dengan situasi yang ada. Begitu pula dengan dunia Pendidikan. Aktivitas akademi di Indonesia, selalu identik dengan berkumpul. Adanya pandemi melarang manusia untuk berkumpul. Lalu apa yang bisa dilakukan oleh dunia Pendidikan?

Beradaptasi. Begitulah yang tengah diterapkan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). Tidak menyerah ataupun melawan keputusan, UISI berusaha menciptakan budaya baru untuk semua yang terlibat dengan UISI. Beginilah tahapan UISI untuk menyiapkan lingkungannya ber-budaya baru untuk new normal :

Protokol New Normal

Peraturan dan skenario new normal ala UISI disosialisasikan terlebih dahulu kepada para dosen dan staff UISI secara ringan. Sosialisasi berupa materi dalam bentuk cetak, digital maupun audiovisual. Tak lupa dilakukan dengan komitmen dan komunikasi yang tepat agar dapat tersampaikan dengan baik.

Pendekatan Mahasiswa Lama-Baru dan Orangtua atau Wali Mahasiswa

Bagi mahasiswa lama dilakukan pendekatan melalui konseling yang diberikan oleh masing-masing program studi. Sedangkan untuk calon mahasiswa baru, UISI tetap konsisten memberikan open house tiap program studi yang bisa dinikmati. Walaupun open house kali ini tidak dilakukan dengan mengunjungi UISI secara langsung, tetapi dilakukan dengan webinar untuk membuat calon mahasiswa baru mengenal lebih dekat program studi impiannya. Tak lupa, UISI memberikan pengertian dan pendampingan bagi orangtua atau wali mahasiswa untuk menciptakan optimisme dalam menghadapi new normal.

Persiapan Pembelajaran Jarak Jauh dan  Administrasi

Perkuliahan daring yang telah dilakukan mendadak sebelumnya, tidak memiliki kesiapan yang cukup banyak. Sehingga beberapa performa kurang optimal. UISI berkomitmen akan memberikan pembelajaran yang efektif dan efisien. Hal tersebut termasuk media pembelajaran daring yang digunakan serta aksebilitas dosen dan mahasiswa.

Siap Kegiatan Belajar Mengajar Secara Daring Maupun Langsung.

 Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tentu tidak melupan penerapan protokol Kesehatan. Sembari diiringi dengan penyesuaian ulang jam KBM. Sehingga siap menghadapi tahap selanjutnya dengan UISI ber-budaya baru.

UISI Ber-budaya Baru

Tercapainya tujuan pada tahap ini bisa ditinjau dari, kurangnya penggunan media pembelajaran daring seperti Zoom dan Google Hangout Meet. Serta mahasiswa yang mulai fleksibel dengan pembelajaran apapun. Seluruh tahapan new normal tersebut untuk menciptakan mahasiswa lebih kompetitif.