21 Desember 2021 | Tim Media UISI

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR PADA MAHASISWA FOKUS KEILMUAN EKONOMI DAN BISNIS KABUPATEN GRESIK

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR PADA MAHASISWA FOKUS KEILMUAN EKONOMI DAN BISNIS KABUPATEN GRESIK

Yanuar Trisnowati
Departemen Manajemen, Universitas Internasional Semen Indonesia
Gresik, Indonesia, yanuartrisnowati@gmail.com
Marisya Mahdia Khoirina
Departemen Manajemen, Universitas Internasional Semen Indonesia
Gresik, Indonesia, Marisya.khoirina@uisi.ac.id
Firda Alvina Putri
Departemen Manajemen, Universitas Internasional Semen Indonesia
Gresik, Indonesia, firdaalvina21@gmail.com

 

ABSTRAK
Latar belakang -
Mahasiswa merupakan salah satu komponen masyarakat yang berperan penting bagi perubahan bangsa (agent of change). Pada saat ini mahasiswa berada pada keadaan dimana mereka menghadapi kemandirian finansial dan mulai melakukan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Edukasi keuangan dapat dilakukan dengan cara memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama generasi muda mengenai keuangan dan pengelolaannya yang secara baik dan bijak sehingga financial knowledge pada saat ini sangat dibutuhkan. Masyarakat pada saat ini cenderung membeli sesuatu sesuai dengan keinginan sehingga financial knowledge memerlukan skill dan alat bagi individu untuk dapat memberikan keputusan keuangan dan dengan rasa percaya diri dapat mengelola kesejahteraan individu secara efisien. Pengelolaan keuangan pribadi yang baik harus memiliki sedikitnya pengetahuan sehingga individu dapat mengaplikasikan pengetahuannya tersebut berdasarkan attitude keuangan yang dimilikinya.
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku manajemen keuangan mahasiswa fokus keilmuan Ekonomi dan Bisnis di Kabupaten Gresik.
Desain / metodologi/ pendekatan – Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jumlah populasi 2.636 mahasiswa dan sampel yang digunakan sebanyak 347 mahasiswa. Metode pengambilan data dengan kuesioner dan metode analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda.
Temuan - Ketiga variabel penelitian yaitu Financial Attitude, Financial Knowledge, dan Locus of Control memiliki pengaruh terhadap Financial Management Behavior. Mahasiswa yang cenderung memiliki financial attitude yang baik maka mereka memiliki perilaku keuangan yang baik pula dalam mengatur keuangan pribadi. Mahasiswa dengan financial knowledge akan lebih memahami masalah keuangan serta lebih baik dalam hal perilaku keuangannya. Mahasiswa yang memiliki locus of control yang baik akan mampu mengukur resiko yang terjadi sehingga mereka dengan mudah untuk dapat mengambil sebuah keputusan dan keuangannya cenderung memiliki tingkat kepercayaan, keyakinan dan pengendalian yang baik terhadap pengelolaan keuangan mereka.
Implikasi penelitian – Penelitian ini dapat berimplikasi pada menilai perilaku mahasiswa dalam mengelola keuangan pribadinya untuk upaya memenuhi kebutuhan pendididikan dan kehidupan sehariharinya.
Batasan penelitian – Dalam menilai perilaku manajemen keuangan (Financial Management Behavior) mahasiswa penelitian ini hanya menggunakan 3 variabel yaitu Financial Attitude, Financial Knowledge, dan Locus of Control.

Kata Kunci : Financial, Attitude, Knowledge, Locus of Control, Behavior

Full Paper: Download Full Paper

Plagiarism Check: Download Check Plagiarism

Peer Review: Download Peer Review

Artikel Terkait