PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAN TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK
NURFIDINIA KARIN PUTRI
ERLINA DIAMASTUTI12
UNIVERSITAS INTERNASIONAL SEMEN INDONESIA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas, dan ukuran Perusahaan terhadap agresivitas pajak pada perusahaan yang terdaftar di indeks SRI-KEHATI tahun 2015-2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam melihat permasalahan yang hendak diuji. Pengumpulan data menggunakan data sekunder dalam bentuk laporan keuangan tahunan serta laporan keberlanjutan perusahaan yang terdaftar di indeks SRI-KEHATI. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di indeks SRI-KEHATI tahun 2015-2018, sedangkan sampel dari penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah data sampel yang memenuhi kriteria sejumlah 13 perusahaan. teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan data diolah dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap agresivitas pajak.
Kata-kata Kunci: Agresivitas Pajak, CSR, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan.
Full Paper: Download Full Paper
Plagiarism Check: Download Check Plagiarism
Peer Review: Download Peer Review