Pasar Kota di Kabupaten Gresik yang terlihat ramai dan lebih tertata dengan bangunan bertingkat
Pasar Kota di Kabupaten Gresik yang terlihat ramai dan lebih tertata dengan bangunan bertingkat
3 Agustus 2018 | Tim Media UISI

Tempat Belanja yang Ramah Bagi Mahasiswa

Beberapa rekomendasi tempat untuk belanja para mahasiswa UISI yang mungkin dapat dijadikan referensi pilihan dalam rangka pemenuhan kebutuhan sehari-hari

Biasanya setelah jauh dari orang tua, kita dituntut untuk hidup mandiri, khususnya membeli perlengkapan sendiri. Tapi jangan khawatir, di Kabupaten Gresik ada beberapa pusat perbelanjaan yang kami rangkum seperti yang ada di bawah ini:

  1. “Pasar Kota” Kabupaten Gresik

Pasar yang terletak di Jalan Gubernur Suryo ini memiliki dua lantai. Aksesnya cukup mudah bagi kalian yang ingin berbelanja disana, yaitu dengan menggunakan transportasi berupa angkutan umum maupun ojek online. Kami sarankan jangan memakai kendaraan pribadi roda empat, karena sering terjadi kemacetan di sekitar area pasar dan badan jalan tidak terlalu lebar. Ketika memasuki area parkir, terlihat beberapa pintu masuk yang bisa dilalui dan saling terhubung di dalamnya. Jika kalian lihat di sepanjang jalan seberang pasar, terdapat banyak toko dengan berbagai macam barang yang dijual. Di bagian barat terdapat Pasar Gresik Baru yang merupakan pusat buah dan sayur segar. Sedangkan di bagian selatan pasar banyak terdapat toko-toko yang berjajar rapi seperti Toko Dorr (toserba) , Toko Bidadari (aksesoris), Toko Ladju (perlatan rumah tangga), Toko Sepatu Bata (alas kaki), dan lainnya. Pasar Kota ini cukup luas, di dalamnya terdapat berbagai macam kios. Kios-kios tersebut terbagi ke dalam beberapa klasifikasi seperti area baju, sepatu, aksesoris, plastik, perlengkapan tidur, jam tangan, kacamata, dan jajanan basah ataupun makanan tradisional. Di sana sangat cocok dijadikan tempat untuk berbelanja, karena selain lengkap, harganya pun terjangkau bahkan kita bisa menawar. Bagi kalian yang berhijab, terdapat banyak kios yang menawarkan jilbab-jilbab trend masa kini dengan harga yang cukup murah. Meskipun di pasar, kualitas barang-barangnya tidak kalah bagus dengan penjual di luaran sana. Jadi jangan malu pergi ke pasar ya!

 

  1. Sarikat Jaya

Tempat belanja berikutnya yang tak kalah lengkap dan harganya paling terjangkau jika dibandingkan dengan swalayan lain adalah Sarikat Jaya. Terletak di Jalan R.A. Kartini nomor 68 (sebelum perempatan Hypermart). Swalayan ini seringkali menjadi rujukan para mahasiswa dan masyarakat umum untuk membeli kebutuhan bulanan. Di Sarikat Jaya, barang-barang yang tersedia komplit, namun selisih harganya aman di kantong mahasiswa. Di Sarikat Jaya, kalian bisa menemukan makanan beku (sosis dan nugget), bumbu-bumbu dapur, kue kering, makanan ringan, minuman botol dan kalengan, serta segala macam kebutuhan kosmetik. Sarikat Jaya juga menjual perlengkapan alat tulis dan kantor yang memudahkan kalian untuk lebih memiliki pilihan varian untuk keperluan kuliah.

  1. Giant

Salah satu pusat perbelanjaan yang cocok untuk mahasiswa adalah Giant. Alasannya, selain lengkap juga terdapat banyak promo apalagi jika di Hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Giant terletak agak jauh dari UISI, yaitu di daerah Gresik Kota Baru (GKB) tepatnya Jalan Kalimantan Nomor 193. Disana kalian bisa memilih buah dan sayuran yang berkualitas unggul. Selain itu, juga ada ikan-ikan segar. Hampir sama dengan Sarikat Jaya, Giant juga bisa menjadi pilihan untuk membeli keperluan bulanan untuk di kos atau kontrakan. Di pelataran Giant terdapat penjual pukis yang harumnya luar biasa. Kalian juga bisa mencicipi Giant Fried Chicken (GFC) yang tak kalah enak dengan ayam goreng krispi lainnya, dan pastinya dengan harga yang terjangkau. Selamat mencoba!

  1. Hypermart

Salah satu pusat perbelanjaan moderen yang dimiliki Kabupaten Gresik ini terletak di Jalan Veteran, dekat dengan kampus UISI. Berada persis di pojok perempatan jalan membuatnya mudah terlihat jika sedang lewat. Ciri khas logo Hypermart bewarna biru kuning, begitu juga logo Mc Donald’s yang terlihat jelas dari kejauhan.  Di sekitar Hypermart terdapat beberapa tenants yang bisa kalian kunjungi sambil berjalan-jalan. Sekedar untuk melepas penat dengan melihat-lihat fashion terbaru di Matahari Store, bersantai sambil menikmati donat di Mokko Factory, maupun membeli makanan berat di Mc Donald’s. Pusat perbelanjaan ini bisa menghilangkan kepenatan dari rutinitas kuliah kalian.

  1. Ramayana

Ramayana juga merupakan surga dunia yang menyenangkan bagi pecinta belanja. Terdapat banyak sekali jenis baju mulai anak-anak hingga dewasa. Ada pula berbagai merek sepatu di lantai dua. Jika ingin ke Ramayana, sebaiknya di Hari Sabtu dan Minggu karena pasti ada diskon besar-besaran. Meski sangat ramai, tapi sebanding dengan diskon yang didapat, tak tanggung-tanggung bahkan ada beberapa merek dagang yang memberikan diskon  hingga 70%. Jika tak ingin berbelanja, kalian bisa menyegarkan pikiran dengan bermain di Zone 2000 (salah satu tempat bermain menggunakan sistem koin). Setelah merasa lelah berkeliling, kalian bisa sedikit bersantai di Rotiboy yang terletak di pelataran lantai dasar. Ramayana terletak di Jalan Gubernur Suryo, sejalan dengan Pasar Gresik Baru.

Nah, informasi yang sudah dijelaskan di atas adalah beberapa tempat belanja yang sesuai dengan kantong mahasiswa. Semoga cukup membantu kalian ya! (rry/han)