15 April 2019 | Tim Media UISI

Analisis Penggunaan Energi dan Peluang Penghematan berdasarkan Faktor Cooling Load pada Gedung 1 Kampus B Universitas Internasional Semen Indonesia

Bangunan menyumbang hampir 40% konsumsi energi di dunia. Di Indonesia, pertumbuhan penggunaan energi berdasarkan data dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Republik Indonesia yaitu sekitar 6,5% hingga 7% per tahunnya.

Elita Fidiya Nugrahania, Shanti Kartika Sarib Putri Intan Nur Anindac

Departemen Manajemen Rekayasa, Fakultas Teknologi Industri dan Agroindustri

Universitas Internasional Semen Indonesia, Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Jl. Veteran,

Gresik, Indonesia

elita.nugrahani@uisi.ac.ida

 

Abstrak— Bangunan menyumbang hampir 40% konsumsi energi di dunia. Di Indonesia, pertumbuhan penggunaan energi berdasarkan data dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Republik Indonesia yaitu sekitar 6,5% hingga 7% per tahunnya. Universitas Internasional Semen Indonesia pada tahun 2017 ini akan memanfaatkan pabrik bekas Semen Gresik menjadi tempat perkuliahan. Salah satu bangunan yang akan dijadikan tempat perkuliahan adalah bangunan bekas coal mill. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan energi serta peluang penghematan berdasarkan faktor cooling load. Validasi yang didapatkan yaitu sebesar 97% dengan error ±3% menunjukkan bahwa model bangunan telah tervalidasi. Dari hasil simulasi menggunakan software Revit Autodesk, didapatkan  nilai Intensitas Konsumsi Energi (IKE) yaitu sebesar 212 kWh/m2/tahun. Skenario yang dilakukan untuk melakukan penghematan energi yaitu dengan kombinasi pencahayaan alami dan kontrol hunian, efisiensi pada pencahayaan 3.23 W/m2, ASHRAE package heat pump, infiltrasi 0.17 ACH, efisiensi beban elektronik 6.46 W/m2, tipe jendela kaca Triple Low Emission (TrpLoE) pada sisi timur dan utara, peneduh jendela dengan 2/3 ketinggian jendela pada sisi timur dan utara. Skenario tersebut dapat menghasilkan penghematan sebesar 36.6% dengan nilai IKE sebesar 134.41 kWh/m2/tahun.

 

Kata kunci— Cooling load, Penggunaan Energi, Penghematan Energi, Revit Autodesk.

Artikel Terkait