Semarak opening ceremony Informasi dan Orientasi Mahasiswa Baru (IOMB) UISI
9 November 2016 | Tim Media UISI

Grand Opening Ceremony IOMB 2016

Semarak opening ceremony Informasi dan Orientasi Mahasiswa Baru (IOMB) Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) berlangsung meriah

Gresik – Semarak opening ceremony Informasi dan Orientasi Mahasiswa Baru (IOMB) Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) berlangsung meriah. Hari ini (29/8) sebanyak 120 mahasiswa UISI yang bertugas sebagai panitia dan 20 dosen UISI turut memeriahkan acara ini sebagai penyambutan hadirnya 524 mahasiswa baru. Bertempat di Bumi Perkemahan Semen Gresik, acara IOMB tahun ajaran 2016/2017 UISI menjadi kegiatan akademik yang bersifat wajib bagi mahasiswa baru dari 10 program studi.

Acara yang difokuskan kepada upaya pendewasaan dan pembelajaran mahasiswa baru dengan tertib dan tanpa kekerasan, juga merupakan perwujudan dari program pengenalan kehidupan kampus. Hal ini ditujukan kepada mahasiswa baru dan program institusi dengan melibatkan unsur dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa sebagai panitia pelaksana acara. Rangkaian acara ini telah disusun sedemikian rupa secara terstruktur, kemarin (27/8) diadakan pembekalan dan pelaksanaan IOMB dimulai hari ini hingga empat hari kedepan dari pukul 06.00-17.00 WIB.

Pada hari pertama IOMB diadakan opening ceremony dan pengenalan kehidupan kampus. Kemudian pada hari kedua dan ketiga, yaitu materi Emosional Spiritual Quotient (ESQ) dan bela negara. Adapun pada hari keempat mahasiswa baru akan diberikan materi mengenai peran fungsi mahasiswa disertasi dengan closing ceremony. Pembukaan IOMB UISI secara simbolis dibuka oleh rektor dengan penyematan tanda peserta dari perwakilan setiap 10 prodi.

“Saat ini mahasiswa baru memasuki fase kehidupan yang dewasa dan bertangung jawab. Sebuah fase kehidupan yang saat menghendaki untuk berfikir dilandasi denga rasa bersyukur karena dapat melanjutkan ke perguruan tinggi yang berbasis koorporasi”, ujar Prof. Dr. Ing. Ir Herman Sasongko dalam sambutannya sebagai amanat kepada mahasiswa baru.

Tidak lupa dalam sambutan bapak rektor menyuarakan jargon penyemangat untuk mahasiswa baru yang berbunyi, “Spirit! Hidup, UISI, UISI, UISI!” dengan diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan penuh semangat. Setelah sambutan dari rektor dan ketua pelaksana, acara selanjutnya yaitu persembahan dari Paduan Suara Mahasiswa (PSM), marching band dan kolaborasi dari seluruh mahasiswa angkatan 2013, 2014 dan 2015. Dengan penuh syukur dan kerjasama yang baik dari seluruh pihak yang bersangkutan, acara ini berlangsung dengan lancar dan mengesankan, khususnya kepada mahasiswa baru.

“Acara ini merupakan gerbang awal bagi mahasiswa baru untuk mengembangkan diri dari apa yang telah diikuti, harapan IOMB selanjutnya mereka siap mengikuti segala kegiatan yang ada di UISI”, ujar Grandys Friska Prassida, S. Kom, M. Kom. selaku ketua pelaksana acara saat diwawancarai oleh tim UISI Media.

Ada banyak manfaat kegiatan yang dapat dirasakan bagi peserta, panitia dan instansi. Bagi peserta, acara ini berguna dalam menambah networking dengan teman dan seluruh warga UISI. Teamwork, koordinasi dan komunikasi diperlukan oleh panitia guna menyukseskan acara serta mencetak generasi yang unggul, spiritual dan intelektual. Adapun sesi motivasi dari trainer yang berpengalaman dengan berbagi prestasi yang telah diraih. Selain itu, beliau kini menjabat sebagai ketua yayasan gerakan melukis harapan. “Acara IOMB tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya berpusat pada opening ceremony, sedangkan pada acara tahun ini terdapat closing ceremony dan acara aksi turun ke jalan di daerah veteran untuk mensosialisasikan UISI peduli lingkungan kepada masyarakat”. [uda/han]

Artikel Terkait