14 November 2016 | Tim Media UISI

Pendekatan Terintegrasi Corporate Social Responsibility Perbankan Syariah, Pemerintah dan Masyarakat dalam Pengentasan Kemiskinan di Jawa Timur

Sebagai salah satu provinsi dengan barometer perkembangan masyarakat muslim dan ekonomi Islam, kehadiran perbankan syariah di Jawa Timur diharapkan memiliki peranan sosial yang lebih besar dalam program pengurangan angka kemiskinan.

Ahmad Hudaifah

Dosen Departemen Ekonomi Syariah Universitas Internasional Semen Indonesia,

Email: ahmad.hudaifah@uisi.ac.id

 

Abstrak: Sebagai salah satu provinsi dengan barometer perkembangan masyarakat muslim dan ekonomi Islam, kehadiran perbankan syariah di Jawa Timur diharapkan memiliki peranan sosial yang lebih besar dalam program pengurangan angka kemiskinan. Melaui sinergi dengan berbagai pihak, suatu pendekatan terbaru dalam mendukung program pemerintah perlu untuk dibuat dan dianalisa kelayakanya. Kajian tentang pendekatan terintegrasi corporate social responsibility perlu dilakukan untuk meihat ruang dan peluang bagi penguatan program pemerintah provinsi Jawa Timur. Studi dengan menggunakan analisa kualitatif berdasarkan library research dilaksanakan untuk menjawab potensi dan kelayakan program CSR perbankan syariah di Jawa Timur. Hasil studi menunjukkan bahwa meskipun konsep CSR bukanlah hal yang baru dalam Islam, strategi ini perlu dilaksanakan untuk memberikan bahasa yang inklusif dan bisa diterima oleh semua pihak. Dalam pendekatan terintegrasi CSR perbankan syariah diperlukan suatu badan/lembaga yang mampu mengelola dana secara produktif dan berkelanjutan. Program ini juga perlu didukung oleh ketersedianya dana zakat sebagai dasar bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat miskin. Dalam fase pendampingan CSR terintegrasi, setelah masyarakat miskin mampu memenuhi kebutuhan dasarnya maka program kewirausahaan mikro baru bisa diberikan kepaada masyarakat miskin di Jawa Timur secara berkelanjutan untuk menghasilkan usaha/bisnis yang sukses.   

Keywords: kemiskinan, CSR, produktif, zakat

Artikel Terkait