13 Juli 2022 | Tim Media UISI

PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SRI KEHATI TAHUN 2014-2018)

Pengungkapan CSR dalam laporan tahunan atau laporan terpisah menjadi alat bagi manajemen untuk berkomunikasi dengan stakeholders atas informasi tanggung jawab sosial perusahaan yang. Telah dilaksanakan.

Sugeng Firdausia, Wanda Amelia Prihandanab
Akuntansi, Universitas Internasional Semen Indonesia, Gresik, Indonesia(a)
Akuntansi, Universitas Internasional Semen Indonesia, Gresik, Indonesia(b)

 

Abstract

Pengungkapan CSR dalam laporan tahunan atau laporan terpisah menjadi alat bagi manajemen untuk berkomunikasi dengan stakeholders atas informasi tanggung jawab sosial perusahaan yang. Telah dilaksanakan. Tujuan dilakukannya penelitian. ini adalah untuk menguji pengaruh profitabilitas., likuiditas, dan leverage secara simultan dan parsial. terhadap pengungkapan CSR. Populasi penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang tercatat dalam. indeks saham SRI KEHATI tahun 2014-2018. Teknik pengambilan sampel penelitian. Menggunakan metode. purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 22 perusahaan. Data yang digunakan merupakan data sekunder. berupa annual report. Metode analisis yang digunakan. adalah analisis regresi linier berganda. Dengan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan. bahwa profitabilitas, likuiditas, dan leverage berpengaruh secara simultan terhadap pengungkapan CSR. Secara parsial, profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Sedangkan leverage berpengaruh. Secara parsial terhadap pengungkapan. CSR.


Kata Kunci: Pengungkapan CSR; Profitabilitas; Likuiditas; Leverage

 

Full Paper: Download Full Paper

Plagiarism Check: Download Check Plagiarism

Peer Review: Download Peer Review

Artikel Terkait