13 Maret 2024 | Tim Media UISI

8 Dosen UISI Mengikuti Young Researcher Workshop di Chiba University, Jepang

8 Dosen UISI hadiri Workshop yang diadakan Base of Asian Global Imaging Science

UISI - 8 dosen Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) terpilih sebagai peserta Young Researcher Workshop yang didakan oleh Base of Asian Global Imaging Science (BAGIS) di Chiba University, Jepang. Workshop diadakan selama satu minggu mulai Rabu (28/2) sampai (6/3). Selain itu, UISI juga menjajaki kerjasama dengan Chiba University terkait riset bersama dan pertukaran mahasiswa.

“Kami mendapatkan kesempatan belajar di Chiba University terkait sains gambar, meliputi analisis warna, material, data, kamera, dan  komposisi kimia,” papar Dosen Teknlogi Agroindustri, Yunita Siti Mardhiyyah S.TP., M.Si. Yunita mengungkapkan workshop tersebut selaras dengan penelitiannya mengenai perspektif konsumen dalam mengkonsumsi jamu. Dosen yang meneliti di bidang pangan ini juga menjelaskan membawa sample jamu bubuk untuk dianalisa dengan alat deteksi warna.

Dosen dari UISI belajar langsung dengan Profesor di Chiba University yaitu Profesor Kazuki Nakamura dan Profesor Yoko Mizokami mengenai sains warna dan material. Selain itu terdapat kunjungan ke beberapa laboratorium di Chiba University. Salah satunya yaitu kunjungan ke Josaphat Lab yang dibina oleh Profesor Josaphat Tetuko Sri Sumantyo yang meneliti mengenai tekonologi masa depan misalnya satelit, pemrosesan data, dan DNA.

“Kami juga berkesempatan untuk melakukan praktikum mengenai material dan warna, beberapa larutan akan mengalami pengubahan dari bening ke warna tertentu jika dialiri arus listrik dan material lainnya akan berubah warnanya bergantung temperature,” papar Yunita. Delapan dosen UISI yang mengikuti program workshop mendapatkan pendaan travel grant dari Base of Asian Global Imaging Science (BAGIS). Acara ini diadakan rutin dua kali setiap tahunnya.

Dosen UISI mendapatkan kesempatan untuk presentasi mengenai kampus dan penelitiannya di hari terakhir workshop. Seminar di hari terakhir dilakukan secara hybrid dan diikuti oleh mahasiswa Chiba University dan mahasiswa pertukaran. Pada kesempatan ini juga dilakukan diskusi kerjasama untuk pertukaran mahasiswa S1 dari UISI ke Chiba University dan sebaliknya. (efn)

Artikel Terkait