Kegiatan Workshop di hari pertama diselenggarakan di Bale Pasundan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia
Kegiatan Workshop di hari pertama diselenggarakan di Bale Pasundan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia
28 April 2018 | Tim Media UISI

ISLI CAMP, Perluas Jaringan di Bidang Logistik

ISLI CAMP 2018 merupakan kegiatan rutinan Institut Supply Chain Logistics Indonesia yang diselenggarakan oleh UNPAD pada tanggal 12-14 April 2018. Kegiatan ini diadakan di Bandung selama 3 hari dan diikuti oleh mahasiswa dan dosen.

Bandung - Institut Supply Chain Logistics Indonesia (ISLI) CAMP 2018 telah berlangsung di UNPAD dengan tema Food Supply Chain. Kegiatan ini telah berlangsung untuk kali ketiga dari kegiatan rutinan yang diadakan tiap tahunnya. Universitas Internasional Semen Indonesia mengirimkan tiga Mahasiswa Teknik Logistik untuk mengikuti kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 12-14 April 2018.

Perwakilan mahasiswa Teknik Logistik tersebut sebelumnya telah melalui tahap proses seleksi. Tujuan dari keikutsertaan camp ini adalah untuk menambah ilmu pengetahuan baru mengenai supply chain khususnya dalam bidang pangan, karena pangan merupakan trend food supply chain. selain itu juga dapat menambah pengalaman baru yang dapat menginspirasi untuk tetap mengeksplor dan mendalami pengetahuan di bidang supply chain.

“ISLI sendiri yaitu kumpulan dari peneliti, mahasiswa dan praktisi yang mempunyai impresi kepada Riset and Development dan pendidikan yang berfokus terhadap logistik dan Supply Chain” Papar Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng., Ph.D., CSCP sebagai Presiden dari ISLI CAMP. Dialog, workshop, dan forum group discussion (FGD) kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh peserta. Pasalnya kegiatan ini melibatkan akademisi, Bisnis, Community, Government, dan Media. selain itu peserta juga mengunjungi kebun dari kelompok tani untuk melihat media tanam, metode penanaman dan juga perawatan dari kebun. Bagaimana mengatur supply chain agar tidak terputus agar proses yang lain tidak terganggu. Para petani ini menjelaskan bahwa produk kelompok tani ini merupakan produk komoditas ekspor dan tidak hanya produk komoditas lokal.

Mudi perwakilan dari Teknik Logistik peserta ISLI CAMP 2018 mengatakan "kegiatan ini saya dapat membagi ilmu yang didapatkan dan memberi motivasi kepada mahasiswa yang lain bahwa kita harus berkegiatan di luar kampus supaya tahu bagaimana suasana mahasiswa di luar kampus kita sehingga kita lebih terpacu untuk berkompetisi secara sehat". Diharapkan dari kegiatan ini, UISI juga memiliki petani binaan seperti UNPAD. Sehingga nanti mahasiswa Teknik Logistik bisa memberikan pengetahuan mengenai supply chain management, Tambah Mudi. (aar/ral)

Artikel Terkait