Sosok Wiwik Erly, MM,. CFP., ACC sebagai satu dari tiga pemateri yang hadir pada Gebyar Tausyiah
Sosok Wiwik Erly, MM,. CFP., ACC sebagai satu dari tiga pemateri yang hadir pada Gebyar Tausyiah
17 Oktober 2020 | Tim Media UISI

Departemen Ekonomi Syariah UISI ajak Millenials Kelola keuangan Penuh Berkah

Webinar yang bertajuk “Generasi Millenial Cinta Keuangan Syariah (GEMILANG) Webinar Series Pilihan Cerdas Mengelola Keuangan Penuh Berkah.” diadakan melalui aplikasi Zoom. Acara yini didakan oleh departemen Ekonomi Syariah UISI

UISI-Pandemi COVID-19 memaksa manusia untuk mengubah pola kehidupan yang biasa dilakukan. Bukan hanya mengubah pola hidup menjadi lebih sehat namun juga pola saku yang sehat. Maka dari itu pada Rabu (14/10) departemen Ekonomi Syariah UISI mengadakan Gebyar Tausyiah Webinar.

Webinar yang bertajuk “Generasi Millenial Cinta Keuangan Syariah (GEMILANG) Webinar Series Pilihan Cerdas Mengelola Keuangan Penuh Berkah.” diadakan melalui aplikasi Zoom. Acara yang langsung menyediakan 3 pemateri sekaligus ini sebagai ajang untuk mengajak generasi muda mengelola keuangannya secara syariah.

Tujuan dari keuangan syariah sendiri bukan untuk mendapatkan keuntungan. Namun, untuk meraih kebermanfaatan bagi umat dan ridho Allah. Seperti yang diungkapkan Dr. Muhammad Nafik Hadi Ryandono, SE, M.SI. selaku pemateri pertama pada webinar ini. Bahwa menerapkan ekonomi islam dalam kehidupan sehari-hari sama dengan berkarakter ekonomi islam. ”Tujuan dari ekonomi islam adalah untuk membangun peradapan sesuai ekonomi eslam untuk mewujudkan islam sebagai rahmatan lil alamin,” ungkap Nafik.

Dampak COVID-19 mempengaruhi kondisi finansial manusia. Oleh karena itu manusia dipaksa berpikir kembali untuk mengelola keuangan masing-masing. Wiwik Erly, MM,. CFP., ACC menyampaikan materi selanjutnya yaitu bagaimana mengelola keuangan secara syar’i. Hal pertama yang harus dilakukan ketika mengelola keuangan secara syar’i adalah membuat perencanaan keuangan secara syar’i. Wiwik mengatakan, harta itu ujian, amanah dan harus dikelola secara seimbang oleh karena itu perlu adanya pengelolaan keuangan. “Mulai hari ini mari kita membuat rencana keuangan yang fleksibel terhadap rencana Yang Maha Perencana,” pesannya diakhir acara.

Pengelolaan secara syariah tak lengkap apabila tidak dibarengi dengan jasa keuangan syariah. Acara ini juga diisi oleh Annisa Mutmainah sebagai Branch Manager Bank Mandiri Syariah Gresik. Materi yang dibawakan Annisa adalah mengajak peserta untuk hijrah ke bank syariah. “Selain Menabung juga bisa beramal,” ujar Annisa mengungkapkan kelebihan bank syariah (tsa/tia)

Artikel Terkait