21 Desember 2018 | Tim Media UISI

LPPM UISI Gelar Seminar dan Pameran Hasil Penelitian Dosen

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Internasional Semen Indonesia menggelar seminar dan pameran hasil penelitian di area kampus B

Gresik – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Internasional Semen Indonesia (LPPM UISI) baru saja mengadakan Seminar dan Pameran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Kamis (13/12).

Seminar dan pameran ini merupakan satu dari serangkaian program penelitian hibah yang dilaksanakan UISI. Penelitian yang dipamerkan adalah penelitian dosen yang didanai oleh UISI. Nantinya setiap dosen memiliki kewajiban untuk dapat memberikan pengetahuan dari hasil penelitian mereka.

LPPM UISI memiliki empat pusat riset unggulan yaitu Halal Supply Center, Creative Bussines Center, Energy Research Center dan Cement Business & Technology Center.

  • Halal Supply Center (HSC) merupakan pusat riset yang melaksanakan aktivitas penelitian, pelatihan dan sosisalisasi tentang rantai pasok produk barang dan jasa yang tersedia dalam Halal Market. Program unggulannya yaitu halal kantin UISI, ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Waqaf), sertifikasi halal, koperasi syariah, Islamic macrofinance, halal industry, halal fashion & cosmetic.
  • Creative Business Center (CBC) ialah pusat kajian bisnis kreatif dan teknologi yang menjadi sebuah katalisasi bagi penggiat bisnis yang bekerja dengan kreatifitas. Progam unggulannya yaitu incubes, applied research, dan forum bisnis.
  • Energy Research Center (ERC) merupakan pusat riset yang mengarah kepada pemanfaatan sumber dan bentuk–bentuk energi, pengendalian energi, pengembangan energi alternatif, efisiensi energi, serta aplikasinya untuk pembangunan berkelanjutan. Program unggulannya yaitu bio energi, efisiensi energi, dan waste to energy.
  • Cement Business & Technology Center (CBT) ialah pusat riset yang mempunyai fokus riset pada produk semen dan turunannya, teknologi proses semen, pengolahan limbah semen hingga aspek manajemen dan logistik semen. Program unggulannya yaitu geopolimer, nanotechnology, CO2 captured, dan optimasi proses persemenan.

Pada acara yang berlangsung di kampus B ini, masing–masing dosen mempresentasikan hasil penelitian yang telah mereka lakukan melalui seminar. Jika ingin melihat hasil dari penelitian tiap dosen, terdapat booth bagi masing–masing pusat riset untuk memamerkan produk atau program unggulan mereka.

Acara ini tidak hanya diperuntukkan bagi internal UISI saja, namun juga terbuka untuk umum. Dari diselenggarakannya acara ini diharapkan dapat memberikan edukasi bagi para hadirin khususnya bagi mahasiswa UISI.

“Diharapkan setelah melihat penelitian dari dosen ini nantinya juga dapat memberikan ide atau referensi untuk tugas akhir bagi mahasiswa”, ucap Siti Nurminasih, S.T., M.T. selaku penanggung jawab acara.

Selain dari dosen dan mahasiswa UISI, acara ini juga dihadiri oleh tamu undangan yaitu dosen–dosen senior dari Universitas Airlangga (UNAIR) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

(msl/kei)

Artikel Terkait