Foto peserta yang tampak antusias dalam stocklab competation
Foto peserta yang tampak antusias dalam stocklab competation
7 Mei 2018 | Tim Media UISI

Asyiknya Belajar Investasi melalui Stocklab Competition

Stocklab Competation dalam acara festival inklusi keuangan yang diadakan oleh UISI Investor Club.

Kampus B UISI – Antusias, melalui Festival Inklusi Keuangan yang kemarin (5/5) diselenggarakan oleh UISI Investor Club dengan mengadakan beragam kegiatan sukses menarik minat pemuda dalam berinvestasi. Kegiatan yang terdiri dari Seminar Produk Industri non Bank, Seminar Pasar Modal dan Stocklab Competation menjadi sarana dalam mendukung berjalannya festival tersebut dengan baik. Acara yang dihadiri oleh beberapa investor penting tersebut diadakan untuk memberikan wawasan perkembangan saham dalam perekonomian pada beberapa tahun terakhir bagi peserta festival. Selain seminar, terdapat perlombaan stocklab yang diikuti oleh mahasiswa/i FEB UISI.  

Diantara berbagai kegiatan, Stocklab competation yang umumnya diikuti oleh mahasiswa FEB Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) tersebut menjadi pusat perhatian dari seluruh mata pengunjung yang hadir waktu itu. kompetisi melalui sebuah permainan tersebut menjadi sebuah gambaran kecil bagaimana kita dapat berinvestasi menghasilkan keuntungan dengan melihat perkembangan dan memainkan aset yang dimiliki. “Permainan ini dapat menilai saham dan bagaimana kita dapat menaikan dan menurunkan saham” Ujar Ghozi salah satu peserta finalis Stocklab Competation.

Peserta mendapatkan modal awal untuk permainan, kemudian dikelola dengan beberapa kartu yang menggambarkan keadaan perekonomian yang terjadi. Para pemain harus mempertahankan harta yang dimiliki agar tidak mengalami kerugian. Hingga akhir permainan, kekayaan yang paling banyak menjadi pemenangnya. Kompetisi Stocklab tersebut dimenangkan oleh Lois Cindrakasih sebagai peraih Juara pertama, Firda Alvina Putri Rahayu sebagai juara kedua dan Muhammad Arzaqi Ghoziri sebagai juara ketiga.

Sesuai dengan tema yang di usung yakni “One Step To Be Succsesful Young Investor In Capital Market,” pada festival inklusi ini bukan hanya para ahli ekonomi, para sarjana ataupun master saja yang dapat berpartisipasi pada bidang investasi. Para pemuda juga dapat menginvestasikan saham untuk memperoleh keuntungan baik di jangka pendek maupun jangka panjang. Melalui permainan seperti Stocklab pun dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran khususnya tentang perdagangan saham. “permainan ini cukup bagus untuk melatih pengalaman kedepannya biar siap berhadapan langsung dengan saham yang sebenarnya” Ungkap Darwin sebagai peserta Stocklab Competation.[fns/emb]

Artikel Terkait