Yohanes Dwi Putra berikan informasi terkait sistem e-commerce Bukalapak di salah satu kelasnya
Yohanes Dwi Putra berikan informasi terkait sistem e-commerce Bukalapak di salah satu kelasnya
29 September 2019 | Tim Media UISI

Kelas E-commerce Manajemen, Gali Ilmu Langsung Dengan Praktisi Bukalapak

Proses perkuliahan di UISI yang seringkali mendatangkan dosen praktisi menjadi sesuatu yang spesial. Kali ini mahasiswa Departemen Manajemen semester tujuh berkesempatan untuk belajar langsung dengan praktisi Bukalapak.

UISI – Pesatnya perkembangan digital dalam bidang perdagangan daring kini memotivasi mahasiswa untuk mensejajarkan kemampuan yang dimiliki dengan perkembangan IPTEK. Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang sejak awal September sudah memulai perkuliahan masing-masing bersemangat untuk menggali ilmu dan meningatkan kemampuan mereka.

Proses perkuliahan di UISI yang seringkali mendatangkan dosen praktisi menjadi sesuatu yang spesial. Dengan adanya dosen praktisi, mahasiswa bisa lebih banyak belajar mengenai praktik penerapan ilmu di lapangan. Kali ini mahasiswa Departemen Manajemen semester tujuh berkesempatan untuk belajar langsung dengan dosen praktisi. Mata kuliah e-commerce yang merupakan salah satu mata kuliah konsentrasi pemasaran kali ini langsung diampu oleh praktisi dari Bukalapak.

Sebanyak 50% dari keseluruhan mahasiswa Manajemen semester tujuh memilih kuasai mata kuliah e-commerce. Pesatnya perkembangan bisnis melalui internet menjadikan mata kuliah ini banyak diminati. Yohanes Dwi Putra yang merupakan koordinator penggerak Bukalapak area Jawa Timur banyak membagikan ilmunya melalui pengalamannya selama bekerja di Bukalapak.

“Saya umumnya mengajarkan bagaimana untuk mencari peluang dalam market place.” terang Yohan. Ia berharap, dari kuliah yang ia ajarkan bisa membuat mahasiswa UISI lebih mampu mengetahui dan mengenal sasaran pelanggan yang ingin dituju sesuai produk bisnisnya.

Untuk menambah bekal dan memfokuskan minat, mahasiswa Manajemen yang menginjak semester tujuh diwajibkan mengambil tiga mata kuliah sesuai konsentrasi yang diminati. Terdapat tiga konsentrasi bagi mahasiswa Manajemen, diantaranya konsentrasi pemasaran, konsentrasi keuangan dan konsentrasi sumber daya manusia (SDM).

“Saya ambil matkul ini karena konsentrasi yang saya ingin paham tentang pemasaran terutama e-commerce.” ungkap Bunga, salah satu mahasiswa yang menempuh mata kuliah ini. Di samping itu, Bunga juga mengungkit perihal project semester ke depan dan tata cara beserta teknik penugasan yang nantinya berguna ketika mendirikan bisnis online sendiri. (myf/kei)

Artikel Terkait