Irwan Sugianto sedang menyampaikan materi pajak penghasilan atas transaksi e-commerce.
Irwan Sugianto sedang menyampaikan materi pajak penghasilan atas transaksi e-commerce.
20 November 2017 | Tim Media UISI

Forum Bisnis E-commerce Tax

Pentingnya pemahaman bisnis dan pajak terkait E-Commerce Tax.

Gresik - Forum Bisnis E-Commerce Tax memberikan pengetahuan kepada massyarakat akan pentingnyya membayar kewajiban kita yaitu membayar pajak.

Kemarin (19/11) forum yang diselenggarakan oleh Departemen Akuntansi Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) ini mendatangkan dua pembicara, yaitu Sinatriya Nurtomi Romadhona selaku Praktisi E-Commerce dan Irwan Sugianto dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Gresik Utara.

Sinatriya menyampaikan pengetahuan seputar bussiness transformation, sedangkan Irwan menyampaikan materi seputar pemotongan dan pemungutan pajak penghasilan atas transaksi e-commerce.

Harapannya adalah pelaku usaha harus paham tentang pajak, karena membayar pajak itu penting bagi pelaku usaha bisnis offline maupun e-commerce.

Oleh karena itu, bagi pelaku usaha yang baru memulai usahanya segera merencanakan untuk melaksanakan kewajibannya yaitu membayar pajak.

Dilanjutkan dengan pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan melaporkan hartanya.

“Tidak semua berwirausaha itu enak, kalau kita berbisnis bagaimana cara untuk itu dijadikan sebagai pendapatan rutin”, ujar Irwan dalam forum bisnis.

Rizki Amalia Sari selaku ketua pelaksana mengungkapkan, “acara ini pesertanya adalah pebisnis, pelaku memulai bisnis, dan mahasiswa”.

Berkutik dalam dunia e-commerce haruslah kreatif agar menjadi pelopor bisnis dan mengedukasi masyarakat.

“Kita tidak melihat siapa dan apa jabatan serta latar belakangnya, kita harus selalu siap untuk dikoreksi oleh orang lain dan berubah  menjadi lebih baik”, ujar Sinatriya dalam materi yang disampaikan.

“Kita harus menurunkan ego, karena kita tidak bisa untuk mengerjakan segala sesuatunya sendirian”, tambahnya. (lkf/han)

Artikel Terkait