19 September 2023 | Tim Media UISI

Kampanye Zero Waste, Duta Lingkungan Jawa Timur 2023 dan Dosen UISI Ajak Maba Menuju Kehidupan Lebih Sehat

PKKMB Karsatera 2023 gandeng Duta Lingkungan Jawa Timur terapkan Zero Waste

UISI - Duta Lingkungan Jawa Timur 2023 dan Ibu Niswatun Faria S.T, M.Sc Selaku Dosen UISI yang aktif bergerak di bidang lingkungan hadir di Pramula PKKMB Karsatera UISI 2023 pada tanggal 07 September 2023. Ibu Niswa merupakan Dosen UISI yang juga mengajar di Jurusan Manajemen Rekayasa serta  pernah mengikuti Zero Waste ASIA dalam Program GAIA. Sedangkan Duta Lingkungan yang biasa dipanggil Mamat ini merupakan mahasiswa aktif UISI jurusan Teknologi Agroindustri yang lolos menjadi Duta Lingkungan Jawa Timur 2023. Bertempat di Kampus A UISI, Duta Lingkungan Mamat sebagai moderator dan Ibu Niswa sebagai pemateri memberikan sharing dan pengalaman mereka terkait kegiatan gerakan aksi lingkungan.

Kedua narasumber ini memperkenalkan apa itu Zero Waste untuk kehidupan sustainability sebagai kehidupan bebas plastik. Ibu Niswa menjelaskan beberapa kasus isu terkait lingkungan yang ada saat ini. Seperti menumpuknya sampah di TPA gresik, dan bencana alam akibat dampak dari sampah plastik di Jawa Timur. Kehidupan Zero Waste ini diharapkan bisa menjadi langkah awal untuk mahasiswa baru menerapkan Eco Life Style dengan mengurangi sampah plastik dengan membawa tumblr saat beraktivitas, membawa tote bag saat belanja, dan aksi gerakan lingkungan lainnya.

Setelah pemaparan materi yang dilanjut dengan sesi Q&A, mahasiswa baru dengan semangat mengajukan pertanyaan yang sangat luar biasa. Pikiran kritis mereka dibuat heran oleh Duta Lingkungan Jawa Timur dan juga Ibu Niswa dengan pertanyaan “Konsumsi beli barang online yang membuat sampah plastik menjadi meningkat “. Pertanyaan tersebut dijawab oleh Ibu Niswa dengan “Membatasi membeli barang-barang online dengan memperbanyak membeli barang-barang yang sekiranya bisa dijangkau di tempat terdekat”. Diskusi tersebut membuat mahasiswa baru lebih mencintai dan menjaga lingkungan dengan penerapan Zero Waste di kehidupan mereka.

 

Setelah Q&A, mahasiswa baru diajak untuk bermain game pilah sampah organik, anorganik dan juga Limbah B3. Keseruan mahasiswa baru terlihat antusias dengan game yang dimenangkan oleh kelompok 6 karena memilah sampah dengan kategori yang tepat. Setelah itu dilanjut dengan AKSI tanam yang dipimpin oleh Duta mamat sebagai aksi cinta lingkungan terhadap green campus. Materi #KAMPANYE ZERO WASTE  pada sesi ini diharapkan bisa diterapkan untuk mengurangi sampah plastik di kehidupan mereka dan lebih menjaga serta melakukan gerakan aksi lingkungan untuk membantu Program SDGS menuju kehidupan yang sustainability. (apm) (may)

Artikel Terkait