24 Mei 2019 | Tim Media UISI

Mau Skripsi Cepat Selesai? 4 Tips Ini Bisa Bikin Skripsimu Lancar

Bagi beberapa mahasiswa, skripsi merupkan salah satu ujian terberat dan memiliki banyak rintangan dalam menyelesaikannya. Tapi salah satu dosen UISI akan berbagi tips yang bisa bikin skripsimu berjalan lancar dan selesai tepat waktu.

Salah satu puncak dalam perjalanan menjadi mahasiswa adalah mengerjakan skripsi atau tugas akhir. Skripsi yang merupakan sebuah penelitian sederhana, hingga saat ini masih menjadi syarat bagi mahasiswa yang akan lulus. Setelah menempuh berbagai mata kuliah, dalam skripsi inilah mahasiswa dituntut menerapkan apa yang telah mereka pelajari selama di perguruan tinggi. Tak jarang skripsi menjadi momok bagi mahasiswa karena dianggap sulit. Bagi beberapa mahasiswa, skripsi merupkan salah satu ujian terberat. Terdapat banyak rintangan dalam proses penyelesaiannya.

Nah, salah satu dosen pembimbing skripsi dari departemen Manajemen Rekayasa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Kuntum Khoiro Ummatin, S.T., M.T.  membagikan beberapa tips dan trik agar proses pengerjaan skripsimu dapat berjalan dengan lancar dan bisa selesai tepat waktu. Intip yuk tipsnya!

  1. Kenali passion diri sedari awal

Sebelum mengerjakan skripsi, kenali passion-mu sedari awal. Pilihlah bidang yang kamu senangi dan kuasai. Sehingga ketika pengerjaan skripsi, kamu bisa menikmati prosesnya. Memilih topik yang kamu kuasai juga membuat penelitianmu lebih terarah dan tidak terhenti di tengah jalan ketika terjadi suatu kendala.

  1. Komunikasi dengan dosen pembimbing

Membangun hubungan yang baik dengan dosen pembimbing merupakan sebuah keharusan agar kamu nyaman ketika melakukan bimbingan. Komunikasikan masalah dan progres skripsimu dengan dosen pembimbing. Ketika terjadi masalah, diskusikan dengan dosen pembimbing sehingga kamu bisa memperoleh solusi yang tepat dan juga wawasan baru.

  1. Atur pengambilan data

Ketika kamu menyusun skripsi, usahakan pengambilan data dipersiapkan dari jauh-jauh hari untuk mengantisipasi ejadian tidak terduga. Kendala izin perusahaan, jadwal dengan narasumber yang bertabrakan atau data rusak bisa lebih cepat teratasi jika kamu sudah mengatur jadwal dari jauh-jauh hari.

  1. Temukan motivasi di sekitarmu

Yang terakhir dan juga sangat penting adalah untuk selalu merasa termotivasi. Ketika kamu mulai lelah dan putus asa dalam mengerjakan skripsi, carilah sesuatu yang bisa membuatmu kembali semangat. Hal tersebut bisa didapatkan melalui semangat dari teman-teman maupun orang tua. Kamu juga bisa sedikit beristirahat dan mencari kesenangan di sekitarmu. Menyegarkan otak yang penat terbukti dapat membuatmu kembali semangat menggarap skripsi.

 

Selain tips yang dibagikan oleh dosen pembimbing, salah satu mahasiswa departemen Manajemen Rekayasa yang telah menyelesaikan skripsinya juga membagi tipsnya. Firman yang telah menyelesaikan skripsinya dalam waktu 3 bulan itu mengungkapkan bahwa salah satu tips untuk cepat mengerjakan skripsi adalah dengan menetapkan target atau tujuan yang ingin dicapai. “Yang terpenting dalam menyusun skripsi adalah niat dan tekad, dan berikan motivasi untuk diri sendiri dalam mengerjakan skripsi.” ungkap Firman.

Setelah membaca tips-tips di atas, semoga kamu bisa termotivasi untuk segera menyelesaikan skripsi dan wisuda bersama teman-teman seangkatan, ya.

(frd/kei)

Artikel Terkait