Logo tersebut sebagai representasi konsep halal
Logo tersebut sebagai representasi konsep halal
14 April 2019 | Tim Media UISI

Menjadi Konsumen Cerdas di Era Global Melalui Konsep Halal Supply Chain

Suatu penelitian mengenai konsep Halal Supply Chain yang memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya terutama konsumen, dengan standar mutu, kualitas produk, dan tingkat pelayanan yang didasarkan pada syariat islam.

Gresik - Halal Supply Chain merupakan suatu penelitian yang berhasil digagas oleh salah satu Dosen Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Oki Anita Candra Dewi, S.T., M.T. . Penelitian tersebut memiliki dasar konsep halal yang sesuai dengan syariat dan ajaran agama islam, karena mayoritas dari penduduk Indonesia adalah muslim. Selain itu, penelitian ini juga didukung oleh Spirit of Sunan yakni slogan khas yang dimiliki oleh UISI yang juga merupakan ciri khas dari Kabupaten Gresik.

Penelitian mengenai konsep halal ini dimulai sejak tahun 2017. Sasaran utamanya sekarang terlebih dahulu difokuskan kepada para mahasiswa UISI. Di samping itu, diharapkan pula untuk kedepannya konsep halal supply chain UISI dapat memiliki kerjasama dan merambah ke ranah industri. Karena jika dilihat sudah terhitung banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang memakai konsep halal. Konsep halal supply chain sendiri meliputi pemilihan pemasok, proses produksi, penyimpanan, hingga pendistribusian. Salah satunya yaitu dengan memisahkan penyimpanan dan pengiriman produk halal agar terhindar dari kontaminasi produk yang tidak halal.

 “Di zaman sekarang ini banyak sekali orang yang mengetahui bahwa suatu barang itu dinyatakan halal hanya berdasarkan label yang tertera saja. Jadi, melalui konsep halal supply chain ini kami bersama-sama akan membantu untuk memastikan bahwa produk tersebut murni halal dari mulai bahan baku, proses, hingga menjadi sebuah produk," ujar Ibu Oki selaku salah satu Dosen Departemen Teknik Logistik UISI.

Di era global ini, tuntutan terhadap suatu produk maupun jasa terutama mengenai standar mutu, kualitas produk, tingkat pelayanan, begitu pula dalam sektor halal sangatlah meningkat.  Ada beberapa program studi di UISI yang  juga terlibat dalam hal ini diantaranya yaitu Ekonomi Syariah, Teknik Logistik, dan Desain Komunikasi Visual. Dosen-dosen dari program studi tersebut saling bekerjasama dalam mengembangkan konsep halal ini.

 “Karena kita juga berada di dalam lingkup universitas, jadi konsep halal ini akan lebih ditekankan kepada seluruh mahasiswa UISI. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga diharapkan kedepannya konsep ini dapat memunculkan kerjasama antara UISI dengan perusahaan-perusahaan industri. Karena banyak sekali keuntungan dan keberkahan ketika kita menggunakan konsep ini. Semoga kedepannya kita juga dapat menjadi seorang konsumen yang cerdas dalam memilih dan memilah suatu produk yang terjamin kehalalannya," tambah beliau sembari berharap dapat segera terwujud. (ifs/rry)

Artikel Terkait