12 Juli 2019 | Tim Media UISI

Skenario Masa Depan untuk Sektor Publik dan Pengaruhnya terhadap Pegawai Negeri Sipil

Skenario Masa Depan untuk Sektor Publik dan Pengaruhnya terhadap Pegawai Negeri Sipil

Yogantara Setya Dharmawan

Program Studi Sistem Informasi

Universitas Internasional Semen Indonesia

Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Jl. Veteran, Gresik, Indonesia

yogantara.dharmawan@uisi.ac.id 

 

ABSTRACT
Future scenario planning for public services and their impact on civil servants aims to give an idea of how public services will look like in the next 20 to 30 years. Future scenarios are developed based on improvement of the application of information technology to improve public services' quality. Then, the future scenario planning that developed for public services is expected to provide an overview of the government how future will occur, especially its impact on civil servants. Thus, the government will be able to determine the right strategy to address the scenarios that will occur. Future Scenarios are developed using Scenario Planning method by applying 7 steps of future scenario development. Then, three possible scenarios were selected and analyzed to identify the impact including solution proposals using McKinsey 7s analysis. The results of this paper show the 3 most likely scenarios relating to future public services and their impact on civil servants and then one of the most relevant scenario is selected using the justification matrix for impact analysis and solution proposals using 7s McKinsey.

Keywords: Future Scenario Development, Information Technology, Civil Servants, McKinsey 7s Analysis, Future Public Service


ABSTRAK
Perencanaan skenario masa depan untuk pelayanan publik serta dampaknya terhadap pegawai negeri sipil bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana pelayanan publik akan terlihat dalam 20 hingga 30 tahun kedepan. Skenario masa depan yang disusun didasari dari meningkatnya penerapan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Lalu, dengan menggunakan perencanaan skenario masa depan terhadap pelayanan publik ini diharapkan dapat memberikan gambaran terhadap pemerintah bagaimana kejadian yang akan terjadi terutama dampaknya terhadap pegawai negeri sipil. Sehingga, pemerintah mampu menentukan strategi yang tepat untuk menyikapi skenario – skenario yang akan terjadi. Perencanaan skenario dibuat menggunakan metode perencanaan skenario dengan menerapkan 7 langkah pengembangan skenario masa depan. Kemudian, 3 skenario yang paling memungkinkan dipilih dan dianalisis untuk dapat diidentifikasikan dampak serta usulan solusi menggunakan analisis 7s McKinsey. Hasil dari makalah ini didapatkan 3 skenario yang paling memungkinkan terkait dengan pelayanan publik di masa depan dan dampaknya terhadap pegawai negeri sipil kemudian dipilih satu skenario yang paling relevan menggunakan matriks justifikasi untuk dianalisis dampak dan usulan solusi dengan menggunakan 7s McKinsey.

Kata kunci: Perencanaan Skenario Masa Depan, Teknologi Informasi, Pegawai Negeri Sipil, Analisis 7s McKinsey, Pelayanan Publik Masa Depan.

 

Full Paper: Download Full Paper

Plagiarism Check: Download Plagiarism Check

Peer Review: Download Peer Review

Artikel Terkait