Potret senyum Wildan Zalfi, S.Ds. bersama peserta webinar
Potret senyum Wildan Zalfi, S.Ds. bersama peserta webinar
26 Januari 2021 | Tim Media UISI

Teknik Kimia UISI Gelar Creative Webinar Public Speaking

Teknik Kimia UISI berhasil menyelenggarakan Creative Webinar Public Speaking bersama pembicara hebat alumni DKV UISI, Wildan Zalfi, S.Ds. yang mengulas mengenai tips dan persiapan sebelum public speaking.

Gresik – Sabtu (23/1) Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia UISI berhasil menyelenggarakan Creative Webinar Public Speaking bertajuk “How to Overcome Stage Fright and Speak with Confidence” bersama Wildan Zafi, S.Ds., seorang Designer, Photographer, Videographer, dan Ilustrator hebat. Alumni Mahasiswa DKV UISI ini memulai karirnya dengan membuat video indovidgram untuk konten komedi, membuat microblog di Instagram, kemudian mencoba dunia youtube, hingga terjun ke lingkup speaker pertama kali pada tahun 2018 hingga saat ini. Wildan Zalfi menuturkan bahwa untuk menjadi seorang pembicara harus benar-benar paham akan materi yang mau disampaikan, maka dari itu sangatlah wajib untuk belajar terlebih dahulu agar dapat menguasai panggung dan meminimalisir rasa gerogi.

Pemuda penuh talenta tersebut juga membagikan tips mengenai cara untuk lebih percaya diri di hadapan umum, yakni yang pertama adalah self-love, dengan membuat diri sendiri nyaman, rileks, dan jangan overthinking. Kedua adalah menghilangkan insecurities, buat diri menjadi santai, jangan terlalu kaku dan motivasi diri sendiri bahwa kamu bisa. Ketiga yaitu menguasai materi, semakin paham materi, maka semakin mudah untuk menjelaskan. Keempat adalah bersiap diri, bersiap bisa dilakukan 1 jam sebelum acara dimulai agar tidak terburu-buru dan bisa menenangkan diri. Terakhir yakni dengan control audience, dengan membuat impresi yang baik di awal, menjadikan audience merasa ada keberadaannya.

"Gak ada yang jadi atau bisa dalam sekejap, jadi harus nikmatin prosesnya dari awal”, kata Wildan. Semua bisa berawal dari proses, karena kita bisa belajar dari kesalahan, dan menikmati prosesnya. Lalu dari pembuatan materi apabila kebanyakan, next time harus ada perbaikan materi agar lebih baik.

Jangan hiraukan apa kata orang. Semakin kamu peduli atau dengerin, ya kamu gak akan bahagia. Gimana cara kita untuk gak peduli, ya udah biarin aja orang ngomong gitu. Percaya sama diri sendiri, harus yakin kalau materi kita dibutuhkan oleh mereka.  Jangan pernah takut. Bahkan ketika kamu dipercayai temen untuk presentasi di kelas, berarti kamu ada something, kamu harus percaya diri ya. Usahakan dari kepercayaan ini, kamu jadikan kekuatan, dan berikan hasil yang terbaik", lanjut Wildan

Dalam public speaking, Wildan memberi tips untuk bisa memulai dari hal-hal kecil seperti saat memimpin diskusi, saat presentasi di kelas, atau berbicara dengan orang. Dari hal-hal kecil ini, dapat diambil pelajaran, jangan dianggap sepele, itu sudah bisa jadi bekal latihan untuk public speaking, lalu tinggal dimantapkan saja.

Acara yang luar biasa ini ditutup dengan pesan menyentuh dari Wildan, “Intinya kuasain materi, percaya kalau kamu bisa, jangan dengan dengerin omongan orang, karena kamu sendiri yang ngurus hidup kamu, bukan mereka".

(ann/msl) 

Artikel Terkait