Vanesssa, Bella, dan Bayu berhasil meraih juara harapan di Universitas Negeri Malang
Vanesssa, Bella, dan Bayu berhasil meraih juara harapan di Universitas Negeri Malang
17 Mei 2018 | Tim Media UISI

UISI Raih Juara Harapan pada National Economic Debate UM

Vanesssa Delarosa Tjugiarto, Bella Amirul Nisa dan Bayu Alfiansyah berhasil meraih juara harapan dalam National Economic Debate Competition di Universitas Negeri Malang.

Gresik - Kembali ukir prestasi, tiga Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) berhasil membawa pulang juara harapan dalam “National Economic Debate Competition” yang diselenggarakan di Universitas Negeri Malang (UM) pada hari Sabtu (12/5) kemarin. Tim yang diketuai oleh Bella Amirul Nisa (2016) dengan dua anggota lain yakni Bayu Alfiansyah (2017) dan Vanessa Delarosa Tjugiarto (2015) yang rupanya berbeda angkatan tersebut tidak kalah bersaing dengan Tim-Tim hebat dari Universitas lainnya.

Keseluruhan perlombaan yang diikuti Bella dan Tim ada 4 tahap, yakni Preliminary, Elimination, Real Case, dan Secret Case. Tahap-tahap tersebut terbagi mejadi dua hari yaitu Sabtu dan Minggu. Total keseluruhan peserta sebanyak 44 mahasiwa dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Wilayah Nusantara. “Sebenarnya lombanya mendadak banget , daftar sewaktu penutupan pendaftaran dilanjut persiapan hanya seminggu. Kaget sih ternyata masuk final dan bisa dapat juara harapan,” tutur Vanessa selaku pembicara pertama (first speaker) pada ajang debat tersebut.

Saat ditanya tentang lawan yang paling berat ternyata datang dari Universitas Gajah Mada (UGM). Vanessa yang saat ini menjalani semester keenamnya juga menuturkan jika dirinya baru pertama kali mengikuti ajang debat seperti ini, yang lebih berpengalaman adalah Bayu dan Bella meskipun masih semester dua dan empat.

Cukup menarik untuk dijadikan pengalaman, ajang perlombaan debat seperti yang diikuti Bella dan Tim. Hal tersebut dapat melatih pola pikir kritis dan kreatif mahasiswa. Selain itu, adanya kompetisi depat ini dapat melatih kemampuan berbicara di depan publik juga sebagai sarana menyampaikan pendapat. Ucapan selamat dan sukses untuk Tim UISI pun menjadi kebanggan tersendiri bagi Bella dkk. serta Almamaternya. [rry/emb]

Artikel Terkait