Sumber : https://beasiswa.apertibumn.id/images/logo-aperti3.png
Sumber : https://beasiswa.apertibumn.id/images/logo-aperti3.png
31 Mei 2019 | Tim Media UISI

APERTI BUMN Buka Seleksi Beasiswa Bagi Siswa SMA/sederajat

APERTI BUMN buka seleksi beasiswa bagi siswa SMA/sederajat yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi milik BUMN

Gresik – Aliansi Perguruan Tinggi Swasta Berbasis Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN) yang terdiri dari Telkom University (Tel-U), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Universitas Pertamina (UP), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG), Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN) dan Politeknik POS Indonesia (POLTEK POS) telah membuka program beasiswa bagi calon mahasiswa.

Seleksi beasiswa telah dibuka sejak tanggal 1 Mei 2019 dan akan ditutup pada 14 Juni 2019. Program beasiswa ini diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK/MA yang ingin menjadi mahasiswa di universitas-universitas APERTI BUMN. Adapun syarat-syarat umum yang diperlukan bagi yang ingin mengikuti program ini ialah:

  1. Siswa SMA/SMK/MA
  2. Lulusan tahun 2018 dan 2019
  3. Memiliki nilai rapor dari semester 1 s/d 4
  4. Peserta dapat memilih 3 program studi untuk 1 instansi
  5. Berkas pendaftaran diunggah (upload) secara online dengan batas terakhir 14 Juni 2019

Dari seluruh siswa-siswi yang telah mendaftar, hanya dipilih 10 orang untuk dapat menerima beasiswa di setiap perguruan tinggi. Umumnya bagi peserta yang lolos seleksi beasiswa APERTI BUMN akan mendapatkan beasiswa penuh hingga lulus kuliah selama 4 tahun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku mengikuti kebijakan perguruan tinggi masing-masing. Untuk UISI sendiri, siswa yang lolos seleksi beasiswa akan mendapatkan bebas Biaya Investasi Pendidikan (BIP) dan bebas biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Semester 1. Lalu untuk UKT semester-semester selanjutnya akan mengikuti Indeks Prestasi Semester (IPS) yang dicapai. Untuk informasi lebih detail terkait beasiswa, cara mendaftar dan lain-lain dapat diakss di situs resmi APERTI BUMN dengan mengunjungi tautan berikut https://beasiswa.apertibumn.id/.

Pada tahun 2017, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) sepakat bersinergi bersama dalam wadah Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN) dengan keempat perguruan tinggi swasta yang lain. Pada salah satu program kerjanya, APERTI BUMN akan berkontribusi dalam meningkatan pendidikan di Indonesia terutama bagi masyarakat yang kurang mampu dengan memberikan bantuan berupa beasiswa. Adanya program kerja ini sekaligus mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa terdapat perguruan tinggi yang berada di bawah naungan BUMN terutama memperkenalkan eksistensi APERTI BUMN.

Menurut Yogantara Setya Dharmawan, S. Kom., M. BusProcessMgt., selaku koordinator kerja sama UISI dengan APERTI BUMN mengungkapkan bahwa ini merupakan langkah awal yang bagus utuk menjalin kerja sama antara unit-unit yang berada di bawah naungan BUMN. “Semoga beasiswa ini dapat berlanjut terus hingga tahun-tahun berikutnya dan APERTI BUMN dapat membuat sistem seleksi masuk khusus untuk perguruan tinggi swasta berbasis BUMN layaknya SMBPTN dan UMPN.” Tutur Yoga. (fir/kei)

Artikel Terkait