Proses Akreditasi Program Studi Akuntansi
Proses Akreditasi Program Studi Akuntansi
4 April 2023 | Tim Media UISI

Departemen Akuntansi UISI Terakreditasi Baik Sekali

Departemen Akuntansi UISI Terakreditasi Baik Sekali

UISI (15/03)Selama empat tahun mendapat akreditasi Baik Sekali, Program Studi (Prodi) Akuntansi kembali dinilai oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan LALEMBA Fakultas Bisnis pada 21 – 24 Desember 2022 di Aula Kampus B UISI.

Program Studi Akuntansi Universitas Internasional Semen Indonesia dinilai langsung oleh para Assesor, yaitu Dr. Etna Nur Afri, S.E, MSi.,Akt. dari Universitas Diponegoro dan Dr. Erna Setiany, SE, M.Si. dari Universitas Mercu Buana. Asesmen lapangan tersebut dilakukan untuk menilai secara langsung Program Studi Akuntansi pada standar akreditasi, serta dilakukan wawancara dengan pimpinan di Universitas, Fakultas serta Program Studi, Dosen, Karyawan, Mahasiswa, Alumni, dan Pengguna Alumni. 

Instrumen penilaian dari LALEMBA dan BAN PT tersebut juga menjadi syarat perlu untuk akreditasi program studi. Terdapat Sembilan kriteria penilaian yang menjdai syarat dimulai dari visi misi, tata pamong, mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan sarana dan prasarana, pendidikan, penelitian, pengabdian dalam masyarakat, terakhir luaran dan capaian tridharma, jika mendapatkan total nilai skor diatas 360 poin dapat dikatakan Akreditasi Baik Sekali pada program studi Akuntansi.

Tujuan sebuah prodi terakreditasi unggul ialah agar mahasiswa lebih mudah dalam melakukan apply ke perusahaan multinasional atau internasional dengan syarat akreditasi B, secara branding seperti semacam label untuk program studi akuntansi. (FHD)

Artikel Terkait