“BOLANG” Game Edukasi Potensial Berkonsep Papan Jelajah Budaya Nasional Guna Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Motorik Anak
Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu ajang bergengsi bagi mahasiswa untuk menghasilkan karya kreatif serta menginspiratif. Salah satu tim PKM dari Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang terdiri dari Abdul Aziz Mujib, Adindatul Islamiyah, Aldinata Noer Hidayat, Vinsensia Shinta Purnama Dewi Sarumaha dan Alya Nur Sabrina bersama dengan dosen pembimbing ibu Ruktin Handayani, S.Kom., M.Kom., MCE berhasil lolos pendanaan PKM Kewirausahaan 2022 dengan produk gameboard jelajah budaya nusantara
Kebiasaan penggunaan gadget yang semakin tinggi pada anak dan adanya pembatasan interaksi sosial dimasa pandemic covid 19 yang menyebabkan tingkat kepedulian dan pengetahuan anak terhadap kebudayaan di Indonesia semakin rendah. Belum lagi, para guru disekolah dasar membutuhkan media pembelajaran tentang kebudayaan yang lebih interaktif serta inovatif. Melihat permasalahan dan kebutuhan ini maka tim Bolang menciptakan papan permainan berkonsep jelajah budaya nusantara sehingga anak dapat bermain sekaligus belajar tentang kebudayaan dan secara tidak langsung melalui permaianan ini anak mulai diajarkan untuk terus melestarikan budaya yang ada di Indonesia.
Gameboard Bolang memanfaatkan teknologi dalam produknya berupa fitur Augmented reality pada kartu pakaian adat dan rumah adat sehingga dapat terlihat lebih nyata ketika discan, kemudian dilengkapi barcode yang dapat terhubung ke website Bolang (berisikan penjelasan lebih lengkap tentang kebudayaan pada provinsi yang discan).
Melalui produk Bolang ini, diharapkan meningkatkan pengetahuan anak tentang kebudayaan Indonesia serta menjadi cara unik dalam melestarikan kebudayaan yang ada dinusantara.