Potret Drs. Tarso Sagito, SH, M.HuM saat pemaparan materi
Potret Drs. Tarso Sagito, SH, M.HuM saat pemaparan materi
16 Maret 2021 | Tim Media UISI

BPBD Ajak Mahasiswa Sigap dan Tanggap dalam Mitigasi Bencana pada Masa Pandemi

Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) ajak Mahasiswa dalam Penanggulangan Bencana di Masa Pandemi

Selasa (16/03), Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (BEM UISI) melaksanakan Pelatihan Mahasiswa Tanggap Bencana yang berlangsung secara daring. Acara ini mengusung tema “Membangun Peran Mahasiswa yang Sigap dan Tanggap dalam Mitigasi Bencana pada Masa Pandemi.” Drs. Tarso Sagito, SH, M.HuM selaku Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Gresik membuka wawasan dan kesadaran Mahasiswa.

Adapun bencana yang terjadi di Gresik yaitu banjir akibat meluapnya Sungai Lamong yang diakibatkan intensitas curah hujan yang tinggi dan meluas. Banjir itu telah melanda sejumlah Desa di tiga kecamatan di Gresik yakni  Kecamatan Benjeng, Balongpanggang, dan Cerme. Adapun upaya yang dilakukan BPBD setempat yaitu mendirikan posko dan berkoordinasi dengan desa - desa yang terdampak untuk mengantisipasi terjadinya pengungsian. Selain itu, juga melakukan penilaian terhadap rumah-rumah yang terdampak untuk menyiapkan kebutuhan - kebutuhan Warga yang terdampak.

Menurut Tarso Sagito, dengan adanya BPBD pasti ada relawan yang membantu dalam Penanggulangan Bencana secara sukarela dan ikhlas dalam upaya penanggulangan bencana. “Bekal yang harus di miliki seorang relawan hal yang paling utama ialah niat dan ikhlas rela berkorban untuk menolong orang lain,” ujar Tarso Sagito.

(ara/aml)

Artikel Terkait