10 Agustus 2023 | Tim Media UISI

Mahasiswi UISI Wakili Gresik Dalam Ajang Duta Maritim Indonesia ASPEKSINDO 2023

Mahasiswi UISI berhasil lolos dalam Ajang Duta Maritim 2023

UISI -  Arina Rayyanie, satu-satunya remaja yang mewakili Universitas Internasional Semen Indonesia dan Kabupaten Gresik dalam ajang Duta Maritim Indonesia ASPEKSINDO 2023 yang akan diselenggarakan di Jakarta, 11 – 17 Agustus 2023. 

Ajang Sekolah Duta Maritim Indonesia ini mempertemukan para anak muda dari perwakilan tiap daerah yang ada di Indonesia dengan latar belakang yang berbeda. Dari total 651 pendaftar, hanya 100 orang dari seluruh Indonesia yang dinyatakan lolos, salah satunya yaitu Arina Rayyanie yang diumumkan di akun Instagram ASPEKSINDO pada tanggal 12 Juli 2023. Kegiatan akan dilaksanakan di Kantor DPR/MPR RI dan ditutup dengan Upacara Kemerdekaan RI di Istana Negara.

ASPEKSINDO juga menjadi wadah pertemuan antara putra-putri daerah dari berbagai provinsi dengan para pejabat dari beberapa lembaga kementerian seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), serta Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop Ukm).

Selain itu, para duta diberi materi oleh Mako Lantamal III tentang bela negara, pelatihan public speaking, manner-etiquette dan lain sebagainya. Para Duta Maritim juga akan menghadiri acara Upacara Hari Kemerdekaan di Istana Negara.

Arina Rayyanie mengatakan bahwa harapannya saat mendaftar ajang ini adalah agar bisa mengenalkan Pulau Bawean yang berasal dari Gresik untuk bisa lebih dikenal masyarakat di Indonesia. Seleksi dari Duta Maritim Indonesia di babak awal adalah pembuatan surat motivasi, pembuatan video pengenalan wisata Bahari dari daerah asal, tes kesehatan, dsb. Untuk di babak kedua dilakukan wawancara oleh pihak ASPEKSINDO dan setelah itu dinyatakan lolos sebagai perwakilan daerah dalam ajang Duta Maritim Indonesia 2023. 

“Saya lihat Pulau Bawean di Gresik itu sangatlah bagus tidak kalah dengan Bali dan Lombok. Akan tetapi, masyarakat Indonesia masih belum banyak mengetahui tentang pulau ini, jadi tujuan dan harapan saya mengikuti ajang Duta Maritim Indonesia ASPEKSINDO 2023 adalah agar wisata Bahari di Kabupaten Gresik bisa terus maju dan berkembang” ujar Arina. 

Perjuangan yang dilakukan Arina tidak berakhir sia-sia. Dirinya terpilih dari sekian banyaknya calon peserta yang mendaftar.

“Dengan kegiatan ini saya harap bisa menjadi motivasi bagi pemuda yang ada di Kabupaten Gresik agar lebih peduli terhadap kemaritiman di Indonesia, khususnya di Kabupaten Gresik” ucap Arina Rayyanie. (may)

Artikel Terkait