Champs Week 3 yang dilaksanakan di Kampus A UISI pada tanggal 29 September 2018
Champs Week 3 yang dilaksanakan di Kampus A UISI pada tanggal 29 September 2018
5 Oktober 2018 | Tim Media UISI

Champs Week 3 : Bentuk Ide dan Karya Melalui Lomba

Rangkaian Champs week ke 3 kembali dilaksanakan setelah dilaksanakannya Champs di week 1 dan week 2

Gresik, UISI - Rangkaian Champs minggu ke 3 kembali dilaksanakan pada hari sabtu (29/9).  Sebelum itu sudah dilaksanakan io dan champs hingga minggu ke 2,  di champs minggu ke 3 ini dilaksanakan di kampus A UISI (Universitas Internasional Semen Indonesia) yang tersebar di seluruh gedungnya. Mayoritas kegiatan kali ini adalah simulasi lomba yang diadakan oleh Kemenristekdikti mulai dari PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) , MTQMN (Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional), FFMI (Festival Film Mahasiswa Indonesia), dan lomba debat.

Terdapat beberapa lomba terkait PKM, salah satunya adalah pimnas (pekan ilmiah mahasiswa nasional) yang mana  ide yang bagus akan disaring oleh dikti sehingga bisa dipamerkan  pada ajang pimnas. Selanjutnya, MTQMN biasanya diadakan 2 tahun sekali. “Jika di UISI disimulasikan lomba MTQMN menjadi 3, melihat kondisi juga tidak mungkin menuntut mahasiswa baru untuk bisa belajar semuanya diantara  ketiga tersebut adalah Syahril Quran, Tartil Quran, Tilawatil Quran”. Ungkap Muhammad Nur Habibi selaku ketua pelaksana

Berikutnya adalah FFMI yang mengagkat tema Mahasiswa Berkarakter Gelora dengan  video film pendek berdurasi 1 menit. Mahasiswa baru  pun mempunyai waktu selama 1 minggu untuk pembuatan video film pendek tersebut. Ketua pelaksana menuturkan  “harusnya teman-teman (mahasiswa baru) disini bisa jadi juara.  Karena pengalaman universitas lain di lomba sebelumnya pada perlombaan FFMI tingkat Nasional  mempunyai konsep dan proses yang sederhana namun mampu meraih juara 1”.  

Lomba debat ada lomba KDMI (Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia menggunakan pengantar Bahasa Indonesia, NUDC National University Debating Championship. NUDC menggunakan pengantar Bahasa Inggris namun untuk simulasi kali ini hanya menggunakan pengantar Bahasa Indonesia.

            Pada minggu ke-2 sebelumnya memang mengadakan sosialisasi terkait lomba ini untuk mahasiswa baru. Untuk membahas mengenai teknis, pengerjaan, dan lain-lain selain itu mendatangkan pemateri dari luar yang berpengalaman dalam hal penulisan dan mahasiswa  UISI yang mempunyai PKM. Ada LDK yang melakukan presentasi mengenai MTQ, lomba debat yang disampaikan oleh risil BEM. Selain itu, salah satu mahasiswa DKV juga menjelaskan sekaligus menjadi juri terkait FFMI.

Tujuan diadakan lomba-lomba ini adalah “jadi kita membiasakan mahasiswa baru UISI untuk lebih bisa kompetitif dalam kompetisi, soalnya kalau kita lihat di UISI sendiri mahasiswa yang sedang mengejar lomba itu masih kurang sehingga dengan itu bisa kometitif dan bisa bisa mencari banyak peluang”.  ujar ketua pelaksana dari departemen Sistem Informasi

“Harapan dengan adanya lomba ini untuk mahasiswa baru SI 6 ini bisa menggantikan kakak tingkatnya untuk bisa ikut dengan lomba-lomba yang ada seperti PKM,MTQ, Debat dan FFMI. Karena kalau kita lihat mereka mengerjakan ini seminggu aja sudah bisa apalagi  ketika dikembangkan di kuliah mereka harusnya bisa buat suatu karya”.  tutupnya (lkf/ral)

Artikel Terkait