Potret salah satu perlombaan pada Chemical Engineering Week 5th di Kampus B UISI
Potret salah satu perlombaan pada Chemical Engineering Week 5th di Kampus B UISI
12 Februari 2020 | Tim Media UISI

Chemical Engineering Week 5th : Kegiatan Tahunan Mahasiswa Departemen Teknik Kimia Universitas Internasional Semen Indonesia

Mahasiswa Departemen Teknik Kimia berhasil menyelenggarakan Chemical Engineering Week yang merupakan acara tahunan departemen. Acara dibagi menjadi dua, yaitu main event dan sub event yang masing-masing berisi beberapa macam perlombaan.

Gresik - Chemical Engineering Week merupakan suatu kegiatan tahunan yang dilaksanakan di Kampus Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) oleh Mahasiswa Departemen Teknik Kimia. Chemical Engineering Week 5th adalah kegiatan kelima yang dilakukan serta bertujuan mendorong perkembangan ilmu berbasis sains yang berkualitas tinggi dan inovatif.

Acara Chemical Engineering Week 5th dimeriahkan oleh berbagai kegiatan yaitu “Main Event” yang merupakan acara inti dan “Sub Event” yang merupakan acara pendukung dalam kegiatan tersebut. Main Event dilaksanakan dengan berbagai macam bentuk kreativitas yang didukung dengan perlombaan seperti N-Celcius, Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN), Writy, Pelatihan Software Ansys & Hysys. Sedangkan Sub Event berisi beberapa perlombaan seperti Che-Ball, B-Carity, Tour De Pabrik, dan Training Class.

Sebelumnya, pada tanggal 13 Desember 2019 telah diadakan perlombaan Che-Ball. Cheball sendiri merupakan perlombaan futsal yang diperuntukkan untuk siswa SMA dan sederajat. Lalu, pada tanggal 2-3 Februari 2020 di Kampus B UISI telah berlangsung  acara inti dari Chemical Engineering Week 5th yaitu N-Celcius, LKTIN, Writy. Selain itu juga terdapat acara pendukung seperi B-Carity, Tour De Pabrik, dan Training Class yang berlangsung selama 2 hari.

Pada hari pertama acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan dimeriahkan oleh SIMS UISI dan dilanjutkan dengan kegiatan N-Celcius. Selanjutnya adalah Writy yang merupakan acara untuk umum dengan tujuan untuk menciptakan generasi millenial yang mempunyai gagasan kearifan lokal untuk mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045.

Pada hari kedua kegiatan dilanjutkan pada tahap grand final perlombaan N-Celcius di Kampus B UISI. Pada perlombaan N-Celcius tahap grand final, para peserta melakukan debat ilmiah yang membuat peserta tersebut beradu argumen dan untuk para peserta yang lolos akan melanjutkan kegiatan praktikum di UISI.

Kegiatan ini berlangsung meriah karena diikuti oleh berbagai peserta dari penjuru nusantara. Para panitia bekerja keras untuk menyukseskan acara ini dengan berupaya memaksimalkan koordinasi. “Kegiatan sebetulnya terkendala tempat yang digunakan untuk melaksanakan acara karena dianggap kurang besar. Akan tetapi, para panitia tetap berusaha semaksimal mungkin untuk menyukseskan acara ini,” ucap salah satu panitia. Harapannya, kegiatan Chemical Engineering Week di masa mendatang akan semakin beragam dan menjadi ajang bagi Mahasiswa Teknik Kimia UISI untuk semakin solid. (map/rry)

Artikel Terkait