JUARA dari SMAN 1 MALANG ( Rizki Bagus Maulana, Dienda Kamilia Salsabila,& Fariz Dian Nugraha )
JUARA dari SMAN 1 MALANG ( Rizki Bagus Maulana, Dienda Kamilia Salsabila,& Fariz Dian Nugraha )
29 Januari 2017 | Tim Media UISI

Ciptakan Generasi Motor Penggerak di Industri Pertanian

“Hidup matinya suatu bangsa ditentukan oleh ketahanan pangan suatu negara “. Bung karno

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia No.  18/2012 tentang Pangan disebutkan bahwa Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan, dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dana atau pembuatan makanan maupun minuman. Dalam hal ini tahapan pangan dibagi menjadi 3 yakni: kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan.

Untuk mendukung terlaksananya cita-cita Indonesia dibidang ketahanan pangan, maka pada tanggal 21-22 januari 2017 prodi Teknologi Industri Pertanian Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Gresik menyelenggarakan serangkaian acara “ AGROINDUSTRIAL WEEK 2017” dengan tema Agroindustri sebagai Motor Penggerak Ekonomi Kerakyatan di Indonesia yang bertempat di kampus A UISI. Acara ini terdiri dari lomba karya tulis ilmiah (LKTI), lomba poster, dan dilanjutkan dengan acara talkshow & workshop.

Peserta dalam acara ini tidak hanya dari SMA/ SMK/ MA melainkan juga Mahasiswa seJAWA dan BALI. Diantaranya dari tingkat SMA sederajat turut berpartisipasi dari SMA AL FIRDAUS Sukoharjo, SMAN 2 Bondowoso, MBI Amanatul Ummah Mojokerto, dan masih banyak lagi. Peserta yang hadir mempresentasikan hasil karyanya kepada dewan juri, dan Pada acara puncak talkshow dan workshop dihadiri oleh beberapa narasumber yang ahli di bidangnya, antara lain adalah Yoga Pranata Atmaja (Founder Burger shot), Ir. Wasti Andari, M.Aks (Dinas Pertanian Gresik), dan Dra. Rr. Anggraini, MM (DISKOPERINDAG JATIM), dan disusul dengan pengumuman para juara. (cr7/mrf)

Berikut merupakan pemenang lomba LKTI dan Poster Agroindustrial Week 2017:

Juara lomba LKTI adalah

  1. SMAN 1 Malang ( Pemanfaatan Limbah Buah Pare sebagai Sumber Energi Listrik Alternatif Ramah Lingkungan )
  2. MAN 1 Sidoarjo ( Pemanfaatan Radiasi Gelombang Elektromagnetik Terhadap Pertumbuhan Tanaman Padi )
  3. SMA KEBON DALEM Semarang ( "SELARAS" Selai Dari Talas ) 

Juara lomba poster adalah

  1. SMA CITA HATI Surabaya 
  2. SMAN 2 Nganjuk
  3. SMKN 1 Cerme Gresik

 

Selamat kepada para juara, terus berkarya membangun negeri Indonesia……

Artikel Terkait