Tim penilai dari BAN-PT saat visitasi akreditasi di UISI
Tim penilai dari BAN-PT saat visitasi akreditasi di UISI
23 Mei 2019 | Tim Media UISI

Perjuangan Keras Berbuah Hasil, UISI Kini Resmi Terakreditasi B

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN-PT ) telah menetapkan secara resmi bahwa UISI telah terakreditasi B terhitung Selasa (21/05). Nilai ini diperoleh setelah visitasi tim penilai BAN-PT pada Jum'at (17/05)

Gresik – Kabar menggembirakan datang dari universitas yang berada di bawah naungan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Mulai Selasa, 21 Mei 2019, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) secara resmi menetapkan bahwa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) resmi terakreditasi B.

Elsi Mersilia Hanesti, S.EI., M.SEI., Kepala Bagian Pengembangan Akreditasi UISI menyatakan bahwa UISI sendiri baru kali pertama ini mengajukan akreditasi ke BAN-PT sejak berdirinya UISI pada tahun 2015.

Elsi yang juga merupakan dosen departemen Ekonomi Syariah ini juga menjelaskan bahwa proses pengajuan akreditasi UISI ke BAN-PT ini sudah dilakukan sejak Oktober 2018. Berkas yang telah diserahkan tersebut kemudian diterima oleh BAN-PT sebulan kemudian yakni pada November 2018. Baru setelah memperoleh kabar bahwa berkas diterima, persiapan proses akreditasi pun dilaksanakan. Persiapan ini termasuk persiapan tiap direktorat dan pemenuhan tujuh standar/kriteria penilaian yang akan dinilai oleh para asesor dari BAN-PT.

Ketujuh standar tersebut yang pertama adalah mengenai visi, misi serta tujuan dan strategi pencapaian UISI, yang kedua mengenai tata pamong, kepemimpinan, dan sistem pengelolaan serta penjaminan mutu, yang ketiga adalah mengenai mahasiswa dan lulusan dari UISI, yang keempat mengenai sumber daya manusia, yang kelima adalah tentang kurikulum pembelajaran dan suasana akademik, yang keenam yaitu tentang pembiayaan sarana prasarana dan sistem informasi, kemudian yang terakhir adalah mengenai penelitian, pengabdian dan kerja sama.

Pada tanggal 03 Mei 2019, BAN-PT mengeluarkan jadwal penilaian akreditasi UISI yang akan dilaksanakan pada Jum’at (17/05). Di sela tanggal tersebut, tim pengembangan akreditasi melakukan persiapan akhir di seluruh direktorat dan pihak pihak yang terkait lainnya seperti organisasi mahasiswa.

Saat visitasi akreditasi pada Jum’at (17/05), seluruh warga UISI antusias dan ikut berpartisipasi menyambut para asesor dari BAN-PT, tidak terkecuali para mahasiswa.

Setelah resminya perolehan akreditasi, Elsi berharap kepada seluruh warga UISI terutama para mahasiswa supaya mereka dapat memanfaatkan akreditasi UISI tersebut sebaik mungkin untuk menggapai kesuksesan mereka baik di dunia kerja maupun pendidikan lanjut.

“Harapan saya kedepannya, di sini UISI sudah memperjuangkan untuk mendapatkan nilai akreditasi B. Tinggal bagaimana para mahasiswa bisa memanfaatkan nilai akreditasi tersebut dengan baik, dan untuk para dosen bisa melanjutkan S3-nya. Juga kerja sama dengan pihak manapun, akreditasi B ini sebagai modal awal yang sudah luar biasa.”, ujarnya.

“Untuk kedepannya, UISI juga akan melakukan persiapan yang lebih baik lagi untuk penilaian akreditasi selanjutnya. Untuk mengejar nilai akreditasi A.” tutup Elsi. (hbb/kei)

Artikel Terkait