Day-5 IO-CHAMPS 2020
Day-5 IO-CHAMPS 2020
24 Oktober 2020 | Tim Media UISI

Day-5 IO-CHAMPS 2020

Kegiatan tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru untuk memperkenalkan aturan, sistem, serta lingkungan Universitas yang akan memudahkan Mahasiswa Baru dalam beradaptasi.

Gresik, 24/10/2020 Universitas Internasional Semen Indonesia mengadakan kegiatan IO-CHAMPS tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) 2020 untuk mengenal lingkungan kampus.

Dilaksanakan pada pukul 06.15-12.30 Wib,tentunya kegiatan hari ini sangat asik dan menarik untuk itu acara pertama yaitu Grand Opening Mentoring, acara kedua yaitu mengenai PKM, KBMI,KBMK,Mawapres.

IO-CHAMPS 2020 merupakan kegiatan tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru untuk memperkenalkan aturan, sistem, serta lingkungan Universitas yang akan memudahkan Mahasiswa Baru dalam beradaptasi. Sejak adanya pandemi menuntut kampus UISI untuk melaksanakan secara daring. Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia ini berbeda dengan angkatan sebelumnya karena Angkatan 8 adalah Angkatan pertama yang sejak awal masuk kuliah menggunakan sistem daring sehingga membuat mahasiswa baru harus dapat berpikir cepat. Tantangan yang dihadapi untuk menyatukan mahasiswa dalam sebuah event melalui diskusi semakin berat tidak hanya karena jumlah mahasiswa semakin banyak tetapi juga dengan sistem daring membuat komunikasi yang terjalin antar sesama mahasiswa sedikit terhalang. Ujar Segaf selaku panitia

Untuk acara pertama IO-CHAMPS 2020 yaitu Mentoring, dimana dalam hal ini proses pembelajaran yang dilakukan  pembimbing untuk mengajar, mendidik, membina dan membimbing orang lain. Tujuannya secara garis besar yaitu membentuk insan muslim yang mempunyai kepribadian dan gaya hidup islami. Selanjutnya acara kedua yaitu PKM (Progrm Kreatifitas Mahasiswa) adalah wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jendrsl pembelajaran dan kemahasiswaan kementrian riset, Teknologi, dan Pendidikan. Acara selanjutnya KBMI (Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia) memberi bantuan kepada mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha untuk mengembangkan usahannya lebih dini dan terbimbing. Acara selanjutnya KBMK merupakan Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang ilmu bisnis, Manajemen dan Keuangan merupakan kompetensi yang tidak hanya menevaluasi kemampuan akademik dan nalar mahasiswa dalam bidak ilmu. Acara yang terakhit adalah MAWAPRES membahas mengenai kompetisi yang diselenggarakan Puspresnas dari Kemendikbud sebagai upaya yang dapat dilakukan untuk memicu pertumbuhan mahasiswa yang unggul dan berkarakter PTN dan PTS se-Indonesia. Ujar Segaf selaku panitia

Dengan adannya kegiatan ini mahasiswa baru dapat bersosialisasi dan berhadaptasi dengan lingkungan baru yang berbeda dengan sekolah mereka. Tentunya mereka bisa bangga telah menjadi bagian dari keluarga besar UISI. Kegiatan ini di selenggarakan rutin dalam setahun sekali untuk pengenalan mahasiswa agar lebih tau dan lebih paham mengenai kampus di Universitas Internasional Semen Indonesia.

Kegiatan ini akan memberikan manfaat antara lain :

  1. meningkatkan keaktifan mahasiswa baru dalam berorganisasi baik di lingkungan kampus ataupun di luar lingkungan kampus.
  2. Meningkatkan kreativitas dan kepekaan terhadap sesama mahasiswa

Sirojuddin Segaf, Departemen Sistem Informasi yang menjadi salah satu panitia IO-CHAMPS berpesan kepada mahasiswa baru “mereka harus aktif dibidang-bidang akademik, disetiap materi yang disampaikan terutama terkait prestasi dan jadilah mahasiswa yang baik dilingkungan dan diprestasi.

 Refiana mahasiswa baru angkatan SI-8 2020 berkata “kendala saat mengikuti IO-CHAMPS yaitu masalah dijaringan terkadang keluar dari ZOOM, jadi susah menulis materi waktu pemateri lagi memaparkan materinya waktu IO-CHAMPS. Harapan semoga pandemi cepat berakhir biar bisa bertemu dengan teman-teman seangkatan serta bisa kuliah offline di Universitas Internasional Semen Indonesia”. (and/tia)

Artikel Terkait