30 September 2024 | Tim Media UISI

Sidang Senat Terbuka Universitas Internasional Semen Indonesia Wisuda Periode VIII Tahun 2024

UISI lepas 318 Wisudawan pada Wisuda di tahun ke-8

UISI – Sabtu (28/09) Universitas Internasional Semen Indonesia kembali menggelar acara Sidang Senat Terbuka Wisuda Periode VIII Tahun 2024 dan diselenggarakan di Hotel Aston Gresik. Dengan total Wisudawan sebanyak 318 mahasiswa dari 10 program studi yang ada. Sebanyak 60 wisudawan telah dibekali dengan sertifikasi keahlian tingkat Nasional maupun Internasional dan 51 wisudawan telah melaksanakan magang bersertifikat selama enam bulan dan 66 wisudawan telah bekerja dan berwirausaha. Serta 155 Wisudawan telah mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari KEMENDIKBUD.

Pada Wisuda Periode VIII kali ini dihadiri oleh Senat Kehormatan yakni Fardhi Shahrul Ade, S.Sos., MCM Direktur Keuangan & SDM dari PT Semen Gresik  dan Perwakilan Bupati Gresik  Suprapto A.P., MSi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.

Wisuda UISI yang digelar di Hotel Aston Gresik ini tak lupa menghadirkan Keynote Speaker yakni Yoke Candra Katon, selaku Komisaris PT Pelindo Terminal Petikemas. Beliau mengungkapkan kepada Wisudawan bahwa akan ada banyak tantangan, namun disinilah kepercayaan diri berperan dan optimisme akan memastikan bahwa dibalik setiap tantangan, selalu ada perluang baru untuk bertumbuh. Smart work bukanlah mengurangi usaha tapi mengerahkan usaha kita untuk mencapai hasil maksimal.

Universitas Internasional Semen Indonesia berhasil memberikan tantangan tersebut hingga para wisudawan pada hari ini sebagian besar telah mencetak prestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik, program magang bersertifikat yang diikuti, serta para wisudawan yang telah memiliki pekerjaan dan berwirausaha sebagai tantangan baru untuk mereka yang akan terjun ke dunia kerja.

Dengan lama studi rata-rata 8.5 semester dan IPK 3.5, tahun ini UISI kembali melepas mahasiswa berprestasi dari 10 program studi yang ada. Dengan total 54% wisudawan yang mendapat gelar cumlaude atau dengan pujian. Memperlihatkan bahwa UISI berhasil melahirkan mahasiswa yang berprestasi, yang telah bekerja, berwirausaha, dan mengikuti magang bersertifikat di beberapa perusahaan terkemuka.

Total Sebanyak 66 wisudawan tahun ini telah bekerja dan berwirausaha, beberapa diantaranya tercatat bekerja di perusahaan PT Semen Indonesia, PT Wilmar, PT Timur Jaya Indostell dan masih banyak lainnya. Sedangkan sebanyak 51 wisudawan tahun ini tercatat mengikuti magang bersertifikat di beberapa perusahaan ternama seperti PT Terminal Teluk Lamong, PT Semen Indonesia, PT Petrokimia Gresik, PT Sinegri Mitra Investasi dan masih banyak lainnya. Pencapaian para wisudawan ini patut diberikan apresiasi mengingat bahwa selama masa belajarnya, mereka mampu menerapkannya hingga bisa mencapai pencapaian baru sebelum lulus. Bahkan dapat direkrut Perusahaan sebelum lulus.

Ditahun ke-11 UISI berdiri, Universitas Internasional Semen Indonesia berhasil menduduki peringkat Unggul di Bidang Kemahasiswaan oleh KEMDIKBUDRISTEKDIKTI dan berhasil memasuki top 96 Universitas di Indonesia berdasarkan edurank 2024. Serta menerima Anugerah Pelaporan Terbaik Regional LLDIKTI 7 pada Acara Anugerah Kampus Unggulan Kategori Implementasi SPMI Terbaik 3 dan Penerima Hibah Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM) ISS-MBKM Program Studi Manajemen Rekayasa Tahun 2024.  Hal ini tentu menjadi pencapaian baru dan peningkatan UISI setiap tahunnya untuk bisa menjadi kampus yang lebih baik dan mampu melahirkan generasi yang cemerlang.

Selanjutnya berikut data 60 wisudawan periode VIII dari berbagai macam program studi yang telah tersertifikasi keahlian, diantaranya:

  1. Akuntansi: 7 Mahasiswa – Nasional (Teknisi Akuntansi Yunior), Pengelolaan Manajemen Resiko, Excel Fundamentals
  2. Ekonomi Syariah: 3 Mahasiswa - Nasional (Act Wealth Planner/AWP)
  3. Manajemen: 6 Mahasiswa – Nasional (BNSP-Human Resource Officer), Basic Exportir Specialist, Professional Project Manager (CPPM)
  4. Manajemen Rekayasa: 1 Mahasiswa – Internasional (Google Analytic Certification)
  5. Teknik Logistik: 14 Mahasiswa - (BNSF-SCM Skema Pengelolaan Gudang, Pengadaan, Delivery, Pelaksanaan k3, Penyiapan Dokumen Ekspor)
  6. Teknologi Industri Pertanian: 5 Mahasiswa – Nasional (Pengelolaan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik, Staff Sumber Daya Manusia, Hazard Analysis Critical Control Point)
  7. Sistem Informasi: 10 Mahasiswa – Internasional (Microsoft Office Specialist / MOS)
  8. Informatika: 13 Mahasiswa – Internasional dan Nasional (Microsoft Office Specialist / MOS, Google Analytic Certification, Microsoft Certified Power BI Data Analyst, Power Platform Fundamentals, Azure AI Fundamentals, Sertifikasi Operator Komputer Madya)
  9. Desain Komunikasi Visual: 1 Mahasiswa – Internasional (Junior Administrative Assistant)

Rektor UISI, Prof. Dr. Eng. Ir Herman Sasongko berpesan, jangan pernah berhenti belajar dan senantiasa memohon keridhoan Allah untuk kemudahan urusan dan senantiasa mohon doa restu orang tua, kalian adalah bagian dari almamater UISI yang kita cintai, pintu kami akan selalu terbuka, anggaplah UISI sebagai rumah kalian.

"Tiga poin penting yang harus kalian pegang, jadilah orang yang kreatif, komunikatif dan berintegritas yang selalu merasa menjadi bagian dari sistem yang ingin memberikan kontribusi positif di dalamnya" Pesan Prof. Herman, Rektor UISI.

Acara wisuda ini menjadi momen penting dalam sejarah universitas, menandai kontribusi besar institusi tersebut dalam mencetak generasi baru yang siap berkontribusi di berbagai bidang. Para lulusan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan dunia profesional, serta menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh selama masa studi di universitas. (may)

Artikel Terkait