halaman pertama e-vote.id karya mahasiswa Sisfor
halaman pertama e-vote.id karya mahasiswa Sisfor
29 Agustus 2020 | Tim Media UISI

E-VOTE: MAHASISWA SISFOR UISI FASILITASI HAK PILIH DI TENGAH PANDEMI

e-vote karya mahasiswa Sistem Informasi UISI memfasilitasi hak pilih bagi Keluarga Mahasiswa saat Pemilihan Umum

UISI – Universitas Internasional Semen Indonesia sedang melakukan persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum Raya (PEMIRA). Tidak hanya universitas saja yang sibuk mempersiapkan, namun 10 Departemen UISI juga tengah disibukkan dengan pergantian kepengurusan himpunan.

Seakan tidak pernah absen dari dunia IT, awal Agustus Departemen Sistem Informasi telah menyiapkan inovasi terbaru yakni myVote.id. Mulanya ide e-vote sudah digagas oleh Bapak/Ibu Dosen bersama panitia KPU dari tahun lalu, akan tetapi baru terealisasikan di tahun 2020. Sistem dari pelaksanaan e-vote sendiri awalnya secara konvensial, namun menggunakan aplikasi atau website dalam proses pemilihan.

“Memang konsep awal niatnya seperti itu, tapi berhubung pandemi akhirnya semua diputar balik menjadi online baik dari memilih dan perhitungan suara,” papar M. Naufal Sulaiman, salah satu develop myVote.id.

Hal tersebut diusung sebagai bentuk mengurangi golput dan meminimalisir sampah yang terbuang ketika usai pelaksanaan pemilihan. Tujuan lain dari pembuatan e-vote tidak lain juga untuk mengangkat Departemen Sistem Informasi di kalangan eksternal UISI sekaligus menjadi first developer website e-vote. Walaupun di awal Rafael Calvin dan Tim e-vote.id (M. Naufal Sulaiman dan Agus Stiawan)sempat merasa tidak percaya diri, namun berkat dorongan sekaligus motivasi dari Yogantara Setya Dharmawan selaku Kaprodi Sistem Informasi tentu membuat Tim Developer kembali antusias.

Proses demi proses yang dilalui dari mulai pembuatan flowchart, timeline, pembagian jobdesk, hingga sosialisasi ke pengguna membuahkan hasil yang maksimal. Kesiapan 100% ketika menjalankan sistem e-vote tidak hanya dirasakan oleh panitia dan developer namun juga dilihat dari antusias Keluarga Mahasiswa SISFOR yang memberikan kritik dan saran dalam proses pengembangan.

“Dari e-vote ini sebagai unjuk kemampuan Sistem Informasi UISI sekaligus bentuk new normal dari Pemilihan Umum saat ini,” ungkap Mochamad Farizky, Ketua Himpunan Sistem Informasi periode 2019/2020.

Artikel Terkait