11 Desember 2020 | Tim Media UISI

Faisal, Dosen UISI Terbitkan Buku Ekonomi Teknik

Muhammad Faisal bukan kali pertama dalam membuat sebuah buku. “Ekonomi Teknik” adalah buku kedua ber – ISBN yang beliau rilis. Sedangkan buku ber- ISBN pertama berjudul LINEAR PROGRAMMING DENGAN R:(Aplikasi untuk Teknik Industri)

Dosen Universitas Internasional Semen Indonesia kembali mengukir prestasi dengan menghasilkan sebuah buku non fiksi yang berjudul “Ekonomi Teknik”. Dosen tersebut merupakan salah satu Dosen dari Departemen Teknik Logistik UISI yakni Muhammad Faisal Ibrahim, S.T., M.T. Dan seorang peneliti dengan bidang penelitian Operations and Supply Chain Management. Tidak heran jika dalam lingkup UISI, atmosfer penelitian sangat mengental.

Sebelumnya Muhammad Faisal telah menyelesaikan pendidikan jenjang Sarjana Strata 1 di Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Malang pada tahun 2015. Dan pendidikan jenjang Magister Strata 2 di Program Pascasarjana Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada tahun 2017. 

Muhammad Faisal bukan kali pertama dalam membuat sebuah buku. “Ekonomi Teknik” adalah buku kedua ber – ISBN yang beliau rilis. Sedangkan buku ber- ISBN pertama berjudul LINEAR PROGRAMMING DENGAN R:(Aplikasi untuk Teknik Industri) telah terbit pada tahun 2018. Membuktikan bahwa beliau memang ingin membagikan ilmunya tidak hanya secara internal namun menyeluruh sehingga manfaat di dalam buku yang telah diterbitkan akan tersebar lebih luas dan berguna bagi pembaca.

“Harapannya hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk efisiensi waktu perhitungan tanpa melupakan konsep-konsep dasar analisa ekonomi teknik. Setiap bab dalam buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh soal dan penyelesaiannya. Untuk menunjang proses pembelajaran, penulis juga menambahkan soal latihan untuk setiap bab dalam buku ini.”

Ekonomi Teknik sebuah buku non fiksi yang mengusung konsep dan metode-metode yang digunakan dalam analisa ekonomi teknik khususnya di Indonesia. Dalam buku tersebut, ekonomi teknik dibahas secara detail dengan bahasa yang ringan kedalam tujuh bab pembahasan. Pada bab satu dan dua dibahas konsep dasar ekonomi teknik dan unsur-unsur biaya dalam ekonomi teknik. Pembahasan terus berlanjut hingga bab terakhir yang membahas tentang pajak. Teknologi yang semakin maju menuntut sumber daya manusia menguasai teknologi-teknologi yang ada. Dalam buku ini, juga telah dijelaskan bagaimana cara melakukan perhitungan perhitungan dengan bantuan software umum, seperti Microsoft Excel.

Tidak mudah untuk dapat langsung merilis buku tersebut, harus melalui proses review panjang dari Penerbit Andi sehingga dapat diterbitkan. Cetakan pertama buku tersebut telah diproduksi sebanyak +-3000 eksemplar dan didistribusikan secara offline melalui retail-retail buku besar seperti (Gramedia, togamas, dll) ke seluruh indonesia. Dan secara online melalui ecommerce Penerbit Andi dan ecommerce lainnya seperti (shopee, tokopedia, dll)

Motivasi terbesar Muhammad Faisal untuk membuat dan sampai menerbitkan buku Ekonomi Teknik adalah para mahasiswa beliau. Beliau mengungkapkan bahwa mahasiswa lebih mudah memahami jika diberikan metode penyelesaian dengan teknologi yang ada, daripada secara penuh manual. Memudahkan pemahaman mahasiswa, apalagi dalam dunia kerja akan selalu dituntut sebuah penyelesaian yang mengaharuskan secara cepat dan tepat. Itulah tujuan utama beliau merancang buku Ekonomi Teknik. Penerbitan buku pun harus diterbitkan secara reguler agar dapat terdistribusi luas sehingga ilmu yang tertulis dapat bermanfaat luas. Umgkap penjelasan Muhammad Faisal selaku Dosen Teknik Logistik UISI. (*)

Artikel Terkait