Drs. Mochamad Nur Salim.,M.Si., menyampaikan materi pada Workshop Bimbingan Konseling di UISI
Drs. Mochamad Nur Salim.,M.Si., menyampaikan materi pada Workshop Bimbingan Konseling di UISI
2 Desember 2018 | Tim Media UISI

Kerjasama MGBK se-Kabupaten Gresik dengan UISI melalui Workshop Karya Tulis Ilmiah

Wujud kerjasama Universitas Internasional Semen Indonesia dengan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMA dan SMK se-Kabupaten Gresik mengadakan Workshop Bimbingan Konseling

UISI – Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMA dan SMK se-Kabupaten Gresik hari ini (2/12) mengikuti Workshop Bimbingan Konseling. Workshop ini berlangsung di aula kampus B Universitas Internasional Semen Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kerjasama Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) dalam dunia pendidikan. Kerjasama yang dilakukan bersama MGBK ini sesuai dengan misi UISI yaitu “Mengembangkan jejaring kerjasama dengan dunia pendidikan dan industri untuk meningkatkan kualitas dan relevansi penyelenggaran pendidikan tinggi”.

Dikemas dengan tema “Karya Tulis Ilmiah dalam Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan Konseling (PTK-BK)”, workshop ini diikuti oleh 75 guru Bimbingan Konseling se-Kabupaten Gresik. Dr. H. M. Bashori M.Pd. M.Psi, selaku ketua MGBK Kabupaten Gresik menuturkan “Diharapkan workshop ini mampu meningkatkan kualitas pelayanan dalam pembelajaran, dan siap untuk dipraktekan”.

Tahun ini merupakan tahun kedua kerjasama UISI dengan MGBK terwujud. Kegiatan workshop kali ini menghadirkan pemateri terkemuka yaitu, Drs. Mochamad Nur Salim.,M.Si., selaku Dosen Universitas Negeri Surabaya.

Pada kesempatan ini, beliau menyampaikan bahwa pelayanan kepada siswa di sekolah dapat dilakukan melalui pendekatan Sosiodrama. Metode Sosiodrama berarti menunjukkan tingkah laku dalam kehidupan bersosial. Kaitannya dengan penelitian karya tulis ilmiah yaitu bersifat kolaboratif yakni penggabungan antar profesi dan atau teman sejawat. “Oleh karena itu, penelitian perlu dilakukan dengan bantuan pengawas agar tidak melebih-lebihkan hasil dari penelitian,” ujar alumni Doktor Psikologi Universitas Negeri Malang ini.

Sebagai langkah kerjasama, perwakilan Direktorat Humas dan Pemasaran UISI memberikan informasi terkait Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2019. Marisya Mahdia Khoirina, S.M., M.M. juga memaparkan prestasi-prestasi mahasiswa UISI yang berkembang cukup pesat. Marisya pun mengenalkan perkembangan Kampus UISI yang meraih penghargaan sebagai Heritage Campus. (uda/kei)

 

Artikel Terkait