24 November 2018 | Tim Media UISI

Kolaborasi Teknik Kimia dan Desain Komunikasi Visual Raih Juara 2 dalam Kompetisi Business Plan Agrifest 2018

Tim dari UISI berhasil meraih juara 2 di kompetisi Business Plan Agrifest 2018

Surabaya - Mahasiswa UISI (Universitas Internasional Semen Indonesia) kembali membawa pulang gelar juara. Kali ini dalam ajang kompetisi Business Plan Agrifest 2018 yang diadakan oleh UPN (Universitas Pembangunan Nasional) “Veteran”, Jawa Timur dengan timeline kegiatan pendaftaran dan pengumpulan abstrak yang dimulai tanggal 20 Agustus 2018 sampai tahap pengumuman pada tanggal 8 November 2018 kemarin.

Tim yang beranggotakan 4 mahasiswa yaitu Fathur Iqbal Hanafi, Moh. Afit Hariyanto, Syarifatus Sholihah dari prodi Teknik Kimia dan Yeni Veronika dari prodi Desain Komunikasi Visual berhasil menyabet juara 2 serta mengalahkan universitas dan sekolah lain yang berasal dari berbagai daerah.

Kompetisi business plan ini penulisan idenya mengacu pada topik “Zero Waste”, memanfaatkan produk dari sisa – sisa olahan pertanian atau barang bernilai guna rendah untuk diolah menjadi produk yang dapat dipasarkan dan dapat digunakan oleh masyarakat untuk kehidupan sehari–hari, serta memiliki nilai jual untuk dipasarkan.

Tim UISI memiliki inovasi yaitu “SANO SOAP”, sabun kesehatan dengan ekstrak limbah daun sirsak dan paduan scrub limbah ampas kopi sebagai antibacterial staphylococcus aureus pada kulit.

“Karna sabun yang ada di pasaran itu kebanyakan masih mengandung bahan kimia untuk bahan dasar dan pewanginya. Jadi kami, menggunakan bahan sabun yang  berasal dari ekstrak limbah daun sirsak dan limbah ampas kopi dari warung–warung yang kemudian akan dimanfaatkan menjadi sabun kesehatan yang kaya akan vitamin”, ucap Moh. Afit Hariyanto. (msl/uda)

 

Artikel Terkait