27 Maret 2023 | Tim Media UISI

Kolaborasi UISI Bersama Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Gresik Menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Desain Grafis

Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian mengajak berkolaborasi dengan Universitas Internasional Semen Indonesia untuk mengadakan Pelatihan Desain Grafis dengan tema “Peningkatan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan dan Sertifikasi Desain Grafis

Desain Grafis merupakan salah satu bentuk seni lukis yang digunakan untuk menciptakan maupun mengatur elemen berupa ilustrasi, foto ataupun garis di atas sebuah media, hal tersebut dibuat untuk menyampaikan sebuah pesan dalam bentuk seni. Untuk hasil karya dari seni tersebut   dibuat oleh seorang grafik designer, yakni orang yang memiliki spesialisasi dalam menginterpretasikan pesan melalui bentuk gambar baik dalam lukisan maupun dalam desain digital. Dalam pekerjaan sendiri, seorang yang memiliki kemampuan desain grafis biasanya akan menjadi seorang grafik Designer dan memiliki tugas yang berhubungan dengan mendesain berbagai jenis visual. Adapun secara umum, tugas dari seorang Desain grafis salah satunya yaitu menyiapkan segala bentuk material untuk diubah menjadi bentuk visual.

Banyaknya permintaan industri terkait bidang desain grafis, sehingga Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian mengajak berkolaborasi dengan Universitas Internasional   Semen Indonesia untuk mengadakan Pelatihan Desain Grafis dengan tema “Peningkatan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan dan Sertifikasi Desain Grafis dengan Sasaran Masyarakat Gresik bersama Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Gresik”. Pelatihan tersebut bertujuan agar bisa dijadikan bekal para pencari kerja maupun memulai sebuah bisnis atau berwirausaha dan juga menambah wawasan mengenai desain grafis di era modern agar dapat menyesuaikan zaman.

disnaker x uisi 2

Pelatihan Desain Grafis yang telah dilaksanakan oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian yang berkolaborasi dengan Universitas Internasional Semen Indonesia memberikan  manfaat yang sangat besar dan tepat sasaran pada kegiatan ini. Bentuk pelatihan seperti ini merupakan bentuk yang sangat efektif untuk menumbuhkan daya kreatif dan inovatif pada ide desain produk lebih-lebih desain untuk tujuan pemasaran. Sehingga dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat meminimalisir pengangguran yang ada di kota Gresik.

disnaker x uisi 3

Pelatihan berlangsung pada tanggal 19 September – 05 Oktober 2022 diselenggarakan di Ruang Pelatihan Wiragraha UISI dan diikuti oleh 20 orang pemuda asli Gresik yang telah lolos tahap seleksi. Setelah mengikuti pelatihan, kemudian dilanjutkan dengan Ujian Sertifikasi pada awal Januari 2023. Peserta Ujian Sertifikasi ini akan mendapatkan Sertifikat BNSP yang sangat bermanfaat untuk peningkatan Sumber Daya Manusia dan juga bekal mencari pekerjaan atau mengembangkan bisnis.

Artikel Terkait