Potret virtual peserta program belajar bareng UISI di hari kedua bersama Departemen Teknik Kimia
Potret virtual peserta program belajar bareng UISI di hari kedua bersama Departemen Teknik Kimia
25 Juni 2020 | Tim Media UISI

Kurangi Biaya Ekonomi dengan Membuat Sabun Sendiri di Masa Pandemi

Webinar Series hari kedua bersama Departemen Teknik Kimia dengan pembahasan mengenai pembuatan sabun yang mudah dilakukan meski dengan di rumah aja.

Gresik – Berada pada masa pandemik covid-19 hingga menuju era new normal ini banyak sekali instansi yang sedang beromba-lomba untuk memberikan informasi terkait apapun melalui daring. UISI (Universitas Internasional Semen Indonesia) salah satunya, perguruan tinggi yang tidak ada hentinya memberikan fasilitas belajar bagi mahasiswanya bahkan hingga masyarakat umum. Dikemas dalam Webinar Series program ini turut diramaikan oleh sepuluh departemen yang ada di UISI tentunya dengan mengangkat masing-masing topik yang menarik dari setiap departemennya.

Tepat di hari kedua, Selasa (23/06) program belajar ini diselenggarakan bersama dengan Departemen Teknik Kimia. Dengan mengangkat tema “Buat Sabun Dirumah Aja Bareng Teknik Kimia UISI” bersama dosen Teknik Kimia UISI, Anni Rahmat, S.T., M.T. sebagai pemateri. Pemateri kali ini memang sungguh luar biasa karena pengalamannya di bidang tersebut sudah tidak dapat diragukan lagi.

Secara runtut, Anni menjelaskan banyak hal mulai dari komposisi hingga proses pembuatan sabun secara langsung. Selain itu, telah disiapkan juga olahan sabun hingga produk jadi. Sehingga dari webinar ini peserta dapat menyaksikan secara langsung proses pembuatan sabun. Antusiasme para peserta juga sangat melonjak bahkan hingga saat sesi tanya jawab.

“Pembuatan sabun ini cukup mudah dan bahan-bahan yang digunakan untuk proses pembuatannya juga mudah untuk dicari. Selain itu, sabun bisa dikatakan sebagai kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari manusia. Apalagi di masa pandemik ini, meskipun hanya di rumah, kita juga bisa membuatnya. Jika kita bisa menjadikan sebagai bisnis juga lumayan, atau paling tidak kita bisa menggunakan sabun buatan sendiri sehingga mengurangi biaya konsumsi sabun.” ujar Anni seraya mempraktikkan proses pembuatan sabun (ifs/fns)

Artikel Terkait