Zhafira, Hendra, dan Caca saat penobatan Best Poster pada ASSC 2018 di Universitas Negeri Surabaya
Zhafira, Hendra, dan Caca saat penobatan Best Poster pada ASSC 2018 di Universitas Negeri Surabaya
6 November 2018 | Tim Media UISI

Mahasiswa Akuntansi Peroleh Juara Best Poster di ASSC UNESA 2018

Tim dari UISI berhasil menyabet gelar Best Poster pada ASEAN Student Scientific Competition 2018 yang diadakan oleh BEM FE Universitas Negeri Surabaya pada tanggal 27 Oktober 2018.

Gresik - Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) berhasil meraih prestasi kembali. Kali ini dalam kompetisi Asean Student Scientific Competition (ASSC) 2018 yang merupakan sebuah Kompetisi Karya Tulis Ilmiah (KKTI) yang diadakan oleh BEM FE Universitas Negeri Surabaya (UNESA) pada tanggal 27 Oktober 2018. Bertempat di Fakultas Teknik, acara pada Sabtu itu merupakan sesi presentasi oleh finalis 4 besar dari universitas berbeda. Tema yang diangkat dalam kompetisi ini adalah “Developing ASEAN Economic Growth to Achieve Sustainable Development Goals in 2030.”

Finalis 4 besar tersebut berasal dari Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). UISI yang masih tergolong universitas baru berhasil eksis menghadapi almamater-almamater yang sudah tergolong lama.

Tim yang diketuai oleh Zhafira Rory Ramadhani (SI-5) dan beranggotakan Hendra Kurniawan (SI-3) juga Cahaya Kalam Putri (SI-5) ini merupakan mahhasiswa Program Studi Akuntansi. Zhafira dkk memutuskan untuk memanfaatkan limbah ban bagian dalam truk untuk diolah menjadi produk bernilai ekonomis yang diberi nama UCLEE BAG (Upcycle Bag).

Ide pertama kali datang dari Hendra. Rupanya, di sekitar tempat tinggalnya banyak ditemui limbah ban dalam truk yang jika dibiarkan lama kelamaan akan merusak lingkungan dan tanah. Dengan arahan salah satu dosen Program Studi Akuntansi, Husnunnida Maharani, S.E, M.S.A. , Zhafira dkk berhasil membuat sebuah produk berwujud pouch serbaguna yang simple dan stylish.

Sayangnya, UISI belum dapat mendapatkan juara inti untuk Karya Tulis Ilmiah. Namun mereka berhasil menyabet juara “Best Poster” untuk hasil karyanya.

“Paling tidak UISI bisa membawa pulang sandang “Best Poster” itu sudah minimal dan termasuk baik”, ucap Hendra yang dari awal lomba ternyata sudah menargetkan sebagai pemenang poster terbaik.(rry/kei)

Artikel Terkait