20 Oktober 2024 | Tim Media UISI

Mahasiswa Teknik Logistik UISI Juara 2 Nasional ISLI CAMP 2024

Angkat judul terkait Pengelolaan Vendor, Mahasiswa Logistik raih Juara 2 dalam ISLI CAMP

UISI - Kembali mengukir prestasi, mahasiswa Teknik Logistik Universitas Internasional Semen Indonesia meraih juara 2 nasional dalam kompetisi Institute Supply Chain and Logistic Indonesia Camp atau yang biasa dikenal dengan ISLI CAMP. ISLI CAMP merupakan kompetisi nasional bergengsi dalam bidang Logistik. Pada tahun 2024, ISLI Camp dilaksanakan di Universitas Hasanudin tepatnya di Sulawesi Selatan. Kompetisi berlangsung sejak tanggal 15 - 17 oktober 2024. Antusiasme yang begitu luar biasa dari para peserta, tercatat sebanyak 40 peserta dari seluruh Indonesia ikut berkontribusi dengan menunjukan ketertarikan yang tinggi terhadap bidang Logistik sehingga membuat kompetisi semakin berdaya saing ketat.

Delegasi UISI sendiri terdiri dari mahasiswa Teknik Logistik (2021) yang beranggotakan Aldy Nuary Irnianto dan Firsya Shihabuddin dengan dosen pembimbing Ibu Maulin Masyito Putri S.T., M.T serta Bapak Faisal Ibrahim S.T., M.T. Pada kompetisi ISLI 2024, delegasi UISI mengajukan paper dengan judul Optimalisasi Pengelolaan Vendor melalui Sistem VENDORA (Vendor Optimization for Repair and Assembly) untuk Mendukung Proses Produksi dan Reparasi Kapal di PT Industri Kapal Indonesia Berdasarkan Service Level Agreement (SLA). "Ide ini berangkat dari studi case yang diberikan merupakan case nyata yang sedang dihadapi oleh perusahaan PT Industri Kapal Indonesia karena proses bisnis perusahaan sangat bergantung pada ketersediaan material dari vendor, terutama material yang datang dari luar pulau. Hal ini membuat proses perencanaan dan pengadaan material harus benar-benar terintegrasi dengan sistem produksi, agar dapat mengakomodasi perubahan kebutuhanantara reparasi dan produksi baru. Jika tidak dikelola dengan baik, keterlambatan material akan mengganggu proses produksi dan melanggar kontrak Service Level". Papar Firsya (18/10).

Saat melakukan pengerjaan lomba tim mengalami berbagai macam kendala salah satunya yaitu waktu atau deadline "Kendala yang dihadapi adalah case yang diberikan sangat dekat dengan deadline pengumpulan sehingga kita harus bekerja keras menemukan solusi dari permasalahan yang diberikan dengan waktu yang sesingkat mungkin." Ungkap Firsya (18/10).

Meskipun sempat mengalami kendala selama kompetisi, tim delegasi UISI dapat menyelesaikan dengan baik berkat segala kerja keras berkat dukungan dari para dosen pembimbing serta pihak universitas. Sehingga UISI dapat meraih juara 2, dengan juara 1 yang di dapatkan oleh Universitas Hasanudin dan Juara 3 oleh Universitas Gadjah Mada. Firya mengungkapkan bahwa selama perlombaan banyak sekali kesan hangat yang di dapatkan. "Selama mengikuti kegiatan ISLI CAMP 2024 kita mendapatkan prespektif dan wawasan baru khususnya di dunia logistik di daerah timur Indonesia serta hambatan dan rencana kedepannya dalam menghadapi tantangan logistik kedepannya" Ucap Firsya (18/10).

Selain kesan hangat, Firsya bercerita bahwa ia berharap semoga kegiatan ISLI CAMP dapat berlangsung setiap tahunnya agar mahasiswa khususnya program studi teknik logistik lebih banyak mengikuti perkembangan informasi tentang dunia logistik di Indonesia. Selain itu dengan kemenangan yang diraih dapat semakin menonjolkan kedudukan Teknik Logistik UISI sebagai salah satu program studi terbaik di Indonesia dalam bidang supply chain dan logistik. (sza/may)

Artikel Terkait