Hikmah Sekarningtyas setelah berhasil mempresentasikan paper miliknya
Hikmah Sekarningtyas setelah berhasil mempresentasikan paper miliknya
4 Agustus 2019 | Tim Media UISI

Masih Berstatus Mahasiswa, Hikmah Ikuti Konfrensi Internasional

Berkat tekad kuat Hikmah Sekarningtyas, mahasiswi Teknik Logistik ini mampu membawakan paper miliknya pada kelompok diskusi di Seminar ”The 3rd International Conference On Maritim Science And Tehcnology ” ICMST 2019

Surabaya – Salah satu mahasiswa Departemen Teknik Logistik yakni Hikmah Sekarningtyas telah berhasil mempresentasikan paper pada Seminar ” The 3rd International Conference on Maritim Science and Tehcnology” ICMST 2019, Kamis (01/08), di STTAL, Surabaya, Jawa Timur.

Seminar Internasional atau Postgraduate International Conference 2019 yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) ini merupakan acara tahunan yang terdapat seminar internasional dan dilanjut dengan kelompok diskusi dari mahasiswa/Dosen perguruan tinggi yang mengirimkan paper dari berbagai bidang yakni, Riset Operasi (Operation Research), Manajemen Logistik (Logistics Management), Strategi Kebijakan (Policy Strategy). Partisipan dari Forum Internasional ini terdiri dari Mahasiswa S1 dan S2 di seluruh Indonesia. 

Mulanya Hikmah sempat pesimis mampu menjalankan mandat dari Winda Narulidea, S.T., M.T. selaku Kepala Departemen Teknik Logistik untuk menjadi author pada acara tersebut. Namun, deadline pengumpulan paper sudah jatuh tempo, sehingga Hikmah hanya mampu menjadi partisipan.

Tidak disangka, batas akhir pengumpulan paper pun diundur. Ditemani oleh Artya Lathifah, S.T., M.Sc., MBA selaku dosen pembimbing sekaligus sebagai sumber semangat untuk melanjutkan pengerjaan paper.

“Aku sempat down, karena takut membuat kampus malu. Tapi Bu Artya percaya dengan kemampuanku,” terang Hikmah. Jurnal yang dipublikasikan oleh Hikmah berasal dari topik skripsinya dan ternyata peserta konfrensi tertarik untuk berdiskusi mengenai topik tersebut. 

Mempresentasikan paper yang bertajuk “Optimization of The Equal Courier Workload with Determination of Schedule and Distribution Assignment of Goods Using Heuristic Methods” dengan menggunakan Bahasa Inggris bukanlah hal mudah bagi Hikmah terlebih waktu untuk mempersiapkan paper dan sebagai presentator sangat sedikit. Namun mahasiswi yang masih aktif menyusun skripsi ini tidak menyerah begitu saja.

“Salah wajar karena masih berstatus mahasiswa, namun yang terpenting adalah mencoba dan menghadapinya, Insya Allah berbuah manis," kutip Hikmah dari yang disampaikan dosen pembimbingnya.

Tidak hanya sampai di situ, bahkan Hikmah berencana mewujudkan keinginan kecilnya untuk kembali ke Universitas Internasional Semen Indonesia sebagai Dosen supaya dapat berbagi pengalaman dengan teman-teman UISI. (myf/msl)

Artikel Terkait