Potret Foto Pembuatan Produk Biodiesel
Potret Foto Pembuatan Produk Biodiesel
22 Agustus 2020 | Tim Media UISI

Membanggakan UISI, PKM Mahasiswa Departemen Teknik Kimia Lolos Pendanaan

Prestasi Membanggakan Mahasiswa Departemen Teknik Kimia UISI Lolos Pendanaan "Program Kreativitas Mahasiswa" (PKM)

UISI – Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) meraih prestasi yang membanggakan dengan berhasil lolos pendanaan “Program Kreativitas Mahasiswa” (PKM). 6 tim PKM dari mahasiswa UISI semua lolos pendanaan. 5 PKM skema Penelitian Eksakta (PE) dan 1 PKM Karya Tulis (KT) skema Artikel Ilmiah (AI).

PKM–PE Produksi Biodiesel Mikroalga Nannochloropsis SP. Melalui metode SbCM-NCT (Subcritical Methanol Non– Transesterification). PKM ini beranggotakan Retno Mardiyah Aisyah selaku ketua, Dienda Nur Fadhillah, dan Annisa Firdaus Fatinatin H. Ketiga Mahasiswa tersebut berasal dari Departemen Tenik Kimia UISI. Dibimbing oleh Dosen Eka Lutfi Septiani, S.T., M.T.

Pihak Akademik UISI sangat mengapresiasi prestasi Mahasiswa Departemen Teknik Kimia tersebut, dengan keberhasilan ini membuktikan bahwa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) bisa bersaing dengan perguruan tinggi baik PTN atau PTS, sekaligus menjadi kesan yang membanggakan bagi kampus.

“Alasan membuat biodiesel sendiri karena melihat kondisi saat ini dimana banyak menggunakan bahan bakar fosil yang kebutuhannya terus meningkat sedangkan ketersediaannya cenderung menurun, sehingga terpikirkan ide dengan kelompok untuk meneliti pembuatan biodiesel ini dengan cara yang baru yang lebih ramah lingkungan yakni SbCM-NCT ini karena tidak menghasilkan limbah”, ucap Retno. “Harapannya semoga bisa lolos PIMNAS Aamiin..., Namus jika memang kesempatan ini belum berpihak kepada kami untuk maju ke PIMNAS, setidaknya kami sudah mencoba memberikan yang terbaik”, tambahnya.

Pesan Retno selaku ketua “Semangat untuk teman-teman Mahasiswa UISI kedepannya, ngak ada salah dan ruginya kok ikut dalam kegiatan PKM, walaupun dalam pengerjaannya membutuhkan waktu dan tenaga lebih, tapi itu semua akan membuahkan hasil yang membuat kita bisa merasakan nikmatnya masa-masa kuliah yang tidak hanya duduk didalam kelas”. [map/mbn]

Artikel Terkait