28 Januari 2017 | Tim Media UISI

Mengenal Sistem Akuntansi Digital Melalui Seminar Digitalizing Accounting

Seminar nasional Digitalizing Accounting, mengenalkan penerapan IT dalam sistem akuntansi

Gresik – Departemen Akuntansi Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) menggelar seminar nasional bertajuk “Digitalizing Accounting” pada Sabtu (28/01). Seminar ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Youth Accounting Competition, sebuah ajang kompetisi akuntansi yang diikuti oleh 64 tim siswa SMA/Sederajat dari seluruh Indonesia. Dengan mendatangkan praktisi ahli sebagai narasumber, seminar yang dimulai pukul 12;30 WIB ini membahas mengenai penggunaan IT dalam dunia akuntansi yang sangat penting pada era globalisasi saat ini.

Terdapat dua sesi pada seminar yang diadakan di gedung Pusat Penelitian Semen ini. Sesi pertama diisi oleh Prof. Tjiptohadi Sawarjuwono, Ph.D, CPA CA yang juga merupakan Wakil Rektor I UISI. Pada sesi pertama ini Pak Tjip memaparkan mengenai dasar dan manfaat akuntansi.

Pada sesi kedua diisi oleh Ir. Ilmanza Restuadi K, M. IT yang merupakan Kepala Departemen ICT di PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Di sesi kedua ini dijelaskan mengenai penerapan IT pada sistem akuntansi di perusahaan. Dengan mengambil contoh nyata sistem akuntansi di PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, para peserta seminar dapat lebih memahami bagaimana akuntansi terkomputerisasi bekerja dalam perusahaan. “Dengan adanya komputerisasi pada akuntansi, orang akunting dapat lebih mudah menginput data serta memiliki waktu lebih banyak untuk menganalisis arus transaksi yang masuk dan keluar” demikian papar Ir. Ilman disela penjelasannya mengenai manfaat IT dalam arus input dan output akuntansi di perusahaan.

Seminar yang berlangsung selama 2 jam 30 menit ini diakhiri dengan pemberian piagam bagi narasumber dan moderator serta pengumuman hadiah doorprize bagi peserta seminar. (kei/ral)

Artikel Terkait