Nurmalinda Toyyiba (kanan) saat mengikuti lomba catur se-kabupaten Lamongan.
Nurmalinda Toyyiba (kanan) saat mengikuti lomba catur se-kabupaten Lamongan.
30 November 2018 | Tim Media UISI

Nurmalinda, Sosok Srikandi Atlet Catur yang Peroleh Berbagai Juara

Nurmalinda Toyyiba, sosok srikandi dari departemen Teknik Kimia yang telah menyabet berbagai juara pada perlombaan catur.

Nurmalinda Toyyiba ialah seorang srikandi yang berasal dari Program Studi Teknik Kimia Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). Gadis yang akrab disapa Linda ini merupakan seorang atlet catur yang berasal dari Desa Sidomukti Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan. Awal ia mengenal catur yaitu dari sang ayah yang mengajarkannya sedari kecil. Sejak berada di bangku kelas 3 SD, Linda telah mengenal apa itu papan catur beserta prajuritnya.

Gadis yang lahir pada 16 Juni 1998 ini mulai mengenal dan belajar catur bersama saudara kembarnya. Bersama saudaranya yang bernama Mauliya Habibah (Lia), ia belajar permainan catur hingga dapat mengikuti perlombaan. Awal karir perlombaan dua bersaudara ini dimulai dari lomba tingkat kecamatan yang diikuti oleh Lia sebagai perwakilan dari sekolahnya. Saat itu perwakilan hanya diwajibkan satu orang saja, maka saudara kembar Linda yang maju untuk mewakili dan berhasil menyabet Juara 1.

Pada saat Linda duduk di bangku SMP kelas 1, ia sukses menjuarai lomba catur tingkat Kabupaten Lamongan. Sejak saat itu berbagai jenis kategori perlombaan catur telah diikuti oleh Linda. Adapun kategori perlombaan tersebut mulai dari catur kilat, catur cepat, dan catur klasik.

Hingga saat ini Linda telah mendapat berbagai penghargaan juara dalam berbagai kompetisi catur yang telah ia ikuti. Adapun penghargaan yang telah berhasil diraihnya antara lain:

  • Juara 2 Cabang Olahraga Catur Klasik Putri dalam Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Lamongan Tahun 2014.
  • Juara 1 Catur Cepat Kelompok Umur 15 Tahun 2013.
  • Juara 2 Catur Klasik Kelompok Umur 15 Tahun 2012.
  • Juara 2 Catur Klasik Putri Kelompok Umur 15 Tahun 2013.
  • Juara 2 dalam Kejuaraan Kelompok Umur Catur Klasik Umur 18 Tahun Putri Kabupaten Lamongan Tahun 2014.
  • Juara 2 Catur Kilat Putri (Kejuaraan Olahraga Kelompok Umur 18 Tahun 2015.
  • Juara 2 Catur Klasik Putri (Kejuaraan Kelompok Umur 18 Tahun 2015).
  • Juara 1 Catur Cepat Putri (Kejuaraan Kelompok Umur 18 Tahun 2014).
  • Juara 1 Catur Cepat Putri (Kejuaraan Kelompok Umur 18 Tahun 2015).

 

Selain mengikuti Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB), Linda juga pernah berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) di Pasuruan pada tahun 2013. Dan di tahun 2019 nanti, Linda akan mengikuti PORPROV 2019 yang akan diadakan di Kabupaten Lamongan.

Di akhir wawancaranya bersama tim UISI Media, Linda memberikan sedikit pesan yang ditujukan bagi seluruh mahasiswa UISI sebagai motivasi untuk giat dalam mengikuti berbagai perlombaan.

“Temukan hobbimu, tekunilah, dan lakukan yang terbaik selagi masih banyak kesempatan. Kesuksesan tidak menghapirimu!! Tapi kau cari.” tuturnya.

(mbn/kei)

Artikel Terkait