3 Desember 2023 | Tim Media UISI

PEKAN LITERASI 2023: MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL MELALUI PERAN PERPUSTAKAAN

UISI gelar Pekan Literasi 2023 di Auditorium Kampus B

UISI - Rabu, 29 November 2023, acara Pekan Literasi telah digelar di Auditorium B Kampus Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) mulai pukul 08.00 hingga 13.00. Acara yang bertemakan "Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital: Peran Perpustakaan dalam Mengembangkan Literasi Digital Siswa" ini dihadiri oleh Bapak Budi Raharjo, S.H., M.Sos selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik serta Ibu Elita Fidiya N., S.T., M.Eng., M.T., yang merupakan Dosen UISI dan Content Creator. Acara ini juga turut dihadiri oleh Rektor UISI Prof. Ing Herman Sasongko.

Pekan Literasi tahun ini bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman siswa akan pentingnya literasi digital dalam era teknologi yang terus berkembang pesat. Dalam pidatonya, Bpk. Budi Raharjo menyoroti peran penting perpustakaan sebagai pusat pengetahuan yang tidak hanya menyediakan buku-buku cetak, tetapi juga memainkan peran kunci dalam pengembangan literasi digital bagi siswa. Kegiatan ini juga sebagai bentuk implementasi pentahelix yg menggandeng Perpussip Kab. Gresik.

Selain itu, Elita Fidiya N., S.T., M.Eng., M.T., yang merupakan dosen UISI dan seorang Content Creator terkemuka dalam bidang teknologi, memberikan insight dan strategi praktis kepada para peserta acara untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang literasi digital.

Acara ini dihadiri oleh banyak pihak guna memberikan gambaran betapa pentingnya peran Perpustakaan bukan hanya dari tingkatan sekolah namun juga hingga perguruan tinggi. Perpustakaan tidak hanya serta merta sebagai tempat penyimpanan buku yang dikunjungi hanya ketika siswa diwajibkan mengunjunginya namun juga atas kesadarannya tentang pentingnya membuka jendela ilmu dari banyaknya buku bacaan yang dibaca.

Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam serta keterampilan praktis kepada siswa serta menggali berbagai metode dan teknik dalam meningkatkan literasi baik digital dan non digital, serta mempertimbangkan cara terbaik untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai salah satu sumber penting dalam pengembangan literasi digital.

Pekan Literasi 2023 menandai langkah positif dalam memperkuat pemahaman dan penerapan literasi digital di kalangan siswa. Semangat untuk terus memajukan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia digital diharapkan akan menjadi landasan kuat bagi para siswa dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin teknologis. (may)

Artikel Terkait