10 November 2020 | Tim Media UISI

Pengukuhan Mahasiswa Baru Universitas Internasional Semen Indonesia Tahun Akademik 2020/2021

Adanya kenaikan dari jumlah pendaftar dengan persebaran asal daerah dari tahun sebelum- sebelumnya. Tahun ini total pendaftar berjumlah 9723 orang dan yang telah diterima sebanyak 380 orang.

Dalam rangka telah selesai diselenggarakannya seluruh rangkaian kegiatan Informasi dan Orientasi Mahasiswa Baru UISI. Maka, pada Selasa (11/10) telah dilaksanakan Sidang Terbuka SENAT UISI Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021. Melalui aplikasi Zoom dan live streaming youtube Hubungan Masyarakat UISI.

pengukuhan

Tingkat persaingan untuk menjadi Mahasiswa di UISI semakin ketat. Ditinjau berdasarkan Laporan Akademik Penerimaan Mahasiswa Baru UISI tahun akademik 2020/2021 menyebutkan, adanya kenaikan dari jumlah pendaftar dengan persebaran asal daerah dari tahun sebelum- sebelumnya. Tahun ini total pendaftar berjumlah 9723 orang dan yang telah diterima sebanyak 380 orang.

Perlu diketahui bahwa jumlah pendaftar berdasarkan jalur penerimaan di UISI yakni melalui jalur penerimaan Beasiswa APERTI BUMN, Beasiswa KIP-K, Rapor, Reguler, Beasiswa Unggulan, Jalur Prestasi, Reguler One Day, UTBK, Beasiswa Kemitraan, Beasiswa Internasional, Beasiswa CIVITAS UISI dan Jalur Transfer/Pindahan.
Sebaran pendaftar PMB UISI pun menyeluruh. Lima provinsi tertinggi sebagai berikut:,
Jawa Timur 36%,
Jawa Tengah 11%,
Sumatera Utara 11%,
Jawa Barat 10%, dan
Sumatera Barat 4%.

Sebaran asal mahasiswa baru UISI berasal dari 17 Provinsi dari seluruh Indonesia. Mulai dari seluruh provinsi di pulau Jawa dan beberapa kota di Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi. Provinsi Jawa Timur masih menjadi era sebaran yang paling dominan dengan 10 kota/kabupaten terbanyak yakni Kab. Gresik, Kota Surabaya, Kab.Lamongan, Kab. Sidoarjo, Kab. Tuban, Kab. Mojokerto, Kab. Bojonegoro, Kab. Kediri, Kab. Tulungagung, dan Kab. Jombang.

Selain sebaran mahasiswa baru UISI yang semakin luas di ranah Nasional. Pada tahun ini UISI telah memberikan nuansa yang berbeda dengan adanya mahasiswa Internasional yang berasal dari Thailand dan Afghanistan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin adanya peningkatan kualitas UISI secara keseluruhan.

“Jadikanlah momentum ini sebagai awal untuk mencetak karya unggulan dan prestasi untuk negeri.” Pesan Ibu Fahimah Martak selaku Wakil Rektor I kepada Mahasiswa Baru UISI 2020/2021.

Rektor Universitas Internasional Semen Indonesia tengah hadir dalam Sidang Senat Terbuka tersebut, yakni Bapak Herman Sasongko. Beliau membacakan sebuah puisi untuk Mahasiswa Baru UISI. Dan memaparkan serta mengucapkan selamat memasuki dunia pendidikan tinggi, dunia manusia dewasa yang harus mandiri dan berkreasi. Adanya prinsip pendidikan tinggi itu akan merubah sebuah tata nilai. Dari tata nilai kanak – kanak menjadi tata nilai manusia dewasa yang mandiri, berkreasi, cinta bangsanya, mencintai manusia umat lainnya. Berada dinaungan koorporasi yang besar bukan sekedar di dalam kamar. Tidak hanya ditemani seonggok jagung, tapi segala opportunity untuk berkreasi yang didukung oleh praktek – praktek bisnis yang real di dalam koorporasi yang besar. “Selamat datang menjadi keluarga besar UISI, selamat berkreasi, selamat mengembangkan diri. Selamat berkarya.” Ucap Beliau.

Acara tidak hanya berlangsung pengukuhan Mahasiswa Baru saja. Namun ada yang berbeda, adanya penyampaian orasi ilmiah langsung oleh Ibu Tina T. Kemala Intan selaku Direktur Human Capital Dan Legal Director PT. Semen Indonesia (Persero) TBK. Dalam penyampaian orasi ilmiah tersebut, beliau berpesan kepada Mahasiswa Baru UISI “Anda harus mempersiapkan diri anda, jadi kalau anda ingin dapat tujuan yang extraordinary people anda harus kerja smart.” (*)

Artikel Terkait