Senyum bahagia Muhammad Ammar Fauzan bersama para peserta
Senyum bahagia Muhammad Ammar Fauzan bersama para peserta
23 Juni 2020 | Tim Media UISI

Pentingnya Data Science dalam Mengembangkan Bisnis StartUp oleh Data Scientist dari Bukalapak

Dalam Fortek 5.0 hari kedua menyebutkan bahwa data science kini menjadi tools baru industri untuk mentransformasi data menjadi informasi penting.

Departemen Sistem Informasi Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) kembali menggelar rangkaian acara Fortek 5.0.  Pada hari kedua forum ini menghadirkan Muhammad Ammar Fauzan, praktisi data scientist handal dari Bukalapak. Acara tersebut berlangsung pada Minggu (21/06) melalui aplikasi google hangout meet.

Berkembangnya teknologi yang semakin pesat ditandai dengan bertumbuhnya tren baru dalam bidang otomasi. Kini, data science menjadi tools baru yang sangat berharga bagi setiap industri untuk mentransformasi data menjadi informasi penting. Membuat permintaan perusahaan akan data science meningkat.

“Visualisasi data sangat penting dalam bisnis startup", ungkap Muhammad Ammar Fauzan. Menurut beliau ketika melihat puluhan kolom dengan ribuan baris disajikan dalam slide presentasi membuat beberapa stakeholder kesulitan menyerap informasi. Dengan adanya data visualisasi berupa diagram dapat mempermudah stakeholder dalam penyerapan informasi.

Tantangan terbesar Muhammad Ammar Fauzan dalam menekuni data science  pada saat graduate program berupa training selama 1 tahun dengan perpindahan divisi. "Mengharuskan saya untuk cepat beradaptasi dalam kurun waktu yang singkat", ujarnya. Selama training berlangsung beliau banyak mempelajari beberapa hal yang rata – rata masih belum ia dapatkan pada saat bangku perkuliahan. "Dari situ saya terus belajar, jika tidak bakal jadi boomerang", tambahnya.

“Semoga dengan adanya webinar ini menambah insight baru bagi teman – teman terkait data science", harap Yogantara Setya Dharmawan, S.Kom., MBusProcessMgt selaku kaprodi sekaligus dosen sistem informasi. Beliau juga berencana membuka minat baru yakni data science.

(aml/msl)

Artikel Terkait