Rena Mustika Tresna selaku Directorate General of Debt Management (KEMENKEU) sekaligus pemateri
Rena Mustika Tresna selaku Directorate General of Debt Management (KEMENKEU) sekaligus pemateri
30 April 2021 | Tim Media UISI

Rencanakan keuangan dan investasi di masa pandemi Bersama Management Week 2021

Management Week 2021 mengadakan Webinar Perencanaan dan Pengeloloan Keuangan di masa pandemi

Manajemen Week 2021 hadir selama 7 hari dengan serangkaian pembicara yang ahli di bidangnya mulai tanggal 26 April hingga 2 Mei 2021. di hari ketiga (28/04) membahas topik tentang How to cope with the situation : financial planning and investment and during and post COVID. Bersama pembicara yang sangat hebat yaitu Rena Mustika Tresna selaku Directorate General of Debt Management (KEMENKEU) rektorat Jenderal Pajak atau Bea Cukai.

Management Week 2021 ialah acara tahunan dari manajemen UISI yang berupa serangkaian acara seminar, talkshow dan Workshop serta kompetisi yang diadakan sebagai kuliah tamu dengan menghadirkan beberapa praktisi yang ahli di bidangnya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Manajemen Week 2021 berkolaborasi dengan Office of International Affairs UISI (OIA UISI).

Perekonomian global dan nasional memburuk akibat pandemi. Berbagai macam efek negatif dari pandemi ini yaitu kehilangan pekerjaan, kehilangan pendapatan itu sesuatu hal yang sangat mungkin diluar rencana keuangan. Pandemi ini tidak hanya menyebabkan perubahan besar dalam perekonomian negara tetapi juga harus  menjadi pendorong untuk melakukan perubahan dari sisi keuangan pribadi individu setiap masyarakat Indonesia dengan melakukan perencanaan keuangan yang lebih baik dan dikelola dengan lebih lebih baik untuk menghadapi tantangan tantangan kedepan yang tidak sesuai atau luar ekspektasi

Pandemi COVID-19 mengakibatkan kondisi keuangan yang berpotensi jadi tidak sehat dan membuat banyak orang mulai berpikir ulang mengenai pengelolaan keuangan pribadi. Tentunya harus dijalankan perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan adalah seni pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh individu atau keluarga untuk mencapai tujuan keuangan yang diinginkan. Untuk mewujudkan kehidupan yang sejahterah

Cara mengatur pengeluaran yaitu mengelola utang juga memilih membelanjakan uang yang lebih produktif. “Kedepannya pengeluaran yang memang dibutuhkan artinya harus dikeluarkan dan apa yang masih menjadi keinginan bisa ditunda,” ujar Rena Mustika Tresna, yang kedua Mengelola penghasilan, mencari sumber penghasilan, memilih prioritas keuangan dan selalu mengatur pengeluaran. Lalu melakukan proteksi keuangan dengan membeli asuransi,menabung dan melakukan investasi. Dengan berjalannya strategi strategi tersebut diharapkan keuangan di masa covid tetap stabil.

(ara/tsa)

Artikel Terkait