Juara Islamic Bussines Plan UISI 2017
Juara Islamic Bussines Plan UISI 2017
3 Februari 2017 | Tim Media UISI

Islamic Business Plan, Membangun Jiwa Entrepreneur Sejak Muda

GRESIK, UISI – Ekonomi Syariah UISI menggelar Kompetisi Internasional, yakni Islamic Business Plan (IBP). Kompetisi digelar pada 28 Januari 2017.

IBP merupakan ajang lomba perencanaan bisnis islam tingkat SMA/ MA/ SMK Se-derajat. Tema yang diusung yakni “Membangun Jiwa Kewirausahaan Generasi Muda Muslim untuk Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Indonesia”. Lokasi kompetisi, di Aula Universitas Internasional Semen Indonesia UISI.

Peserta berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, diantaranya Yogyakarta, Semarang, Kediri, hingga Jawa Barat, selain itu Gresik dan sekitarnya pun turut menjadi peserta. “Kompetisi ini berskala Internasional, menggunakan bahasa pengantar dengan Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Sayangnya, belum ada peserta dari negara tetangga. Karena kompetisi ini baru memasuki tahun kedua, kami optimis tahun berikutnya kompetisi dapat diikuti oleh peserta dari beberapa negara,” terang Andi Zulfikar Darussalam, S.Th.I., M. Si., M.Hum., selaku Kepala Departemen Ekonomi Syariah UISI.

Selain kompetisi juga ada kegiatan TOUR PLAN, yakni kunjungan wisata di ex. pabrik Semen Gresik. Peserta diberi materi dan arahan langsung dari praktisi karyawan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. “Senang dan excited, bisa mengikuti semua rangkaian acara dikompetisi yang diadakan oleh Ekonomi Syariah UISI, kami bisa belajar pemrosesan semen mulai dari pengadaan bahan baku, crusher, kiln, silo, serta pengetahuan lainnya. Harapannya acara ini bisa berlanjut ditahun yang akan datang dan ada tambahan game yang lebih seru juga menantang,” ucap salah satu peserta dari SMK Farmasi Surabaya.

Juara utama dimenangkan oleh SMA Negeri 2 Semarang dengan judul Beras Tangkas Company. Kemudian, piala kedua dibawa pulang oleh SMA Negeri 1 Lamongan dengan judul Inovasi Bisnis Pengelolaan Teripang sebagai  Pangan Fungsional Berbasis Sosial dan Pariwisata Khas Pantai Pasir Putih Delegan Gresik. Kediri pun tak mau kalah, karena SMA Negeri 2 Kediri dinobatkan sebagai pemenang ketiga, dengan judul Rumah Kewirausahawan SMK Negeri 2 Kediri.

IBP tak hanya memberikan hadiah kepada juara 1, 2, dan 3, melainkan kepada juara harapan dan juara khusus. Juara harapan 1, 2, dan 3 secara berturut-turut dimenangkan oleh SMA Negeri 1 Lamongan dengan judul Nori Kangkung, SMK Negeri 2 Tasikmalaya dengan judul Paparia, dan SMA Negeri 1 Gresik dengan judul Emergency Shalat Carry.

Ada 3 kategori untuk juara khusus, yakni Spesial Award Sosial Bisnis, Spesial Award Bisnis Jasa, dan Spesial Award Bisnis Kreatif. Spesial Award Sosial Bisnis diraih oleh MA Matholiul Anwar Lamongan dengan judul “Aku ODHA, Aku Bisa”. Spesial Award Bisnis Jasa diraih oleh MA Islamic Centre Bin BAZ Yogyakarta dengan judul “BMT Simpanan Mikro Berjangka Online bummy.co.id 2”. Kemudian Spesial Award Bisnis Kreatif dimenangkan oleh MA Matholiul Anwar Lamongan dengan judul Produk Sandal Ukir Kreatif Lamongan.

“Harapannya generasi muda dapat merealisasikan ide-ide gagasannya, sehingga mampu membuka lapangan kerja,” cetus Achmad Nabil Ghomri Ketua Pelaksana acara IBP (cr7/day).

Artikel Terkait