Semen Gresik - Semen Indonesia
Semen Gresik - Semen Indonesia
20 April 2017 | Tim Media UISI

Semen Gresik Raih Dua Penghargaan Wow Brand dari MarkPlus

Semen Gresik melakukan campaign tidak hanya tingkat distributor, tapi ke end user seperti rumah tangga, tukang bangunan, dan kontraktor

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Semen Gresik, meraih dua penghargaan Wow Brand mengacu pada hasil riset MarkPlus yang didasarkan pada konsep marketing 4.0.

Kedua penghargaan itu adalah Brand for Good Club 2017 dan silver title untuk digital campaign "Keluarga Kokoh" .

Acara penganugerahaan penghargaan itu dilakukan di Hotel Raffles Jakarta, belum alam ini di Jakarta.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan branding saat ini telah menjadi investasi bagi perusahaan untuk meningkatkan image dan berimbas pada tingkat penjualan yang meningkat.

"Dalam definisi menurut sejumlah pakar, branding dapat diartikan sebagai persepsi reputasi terhadap produk atau jasa atau layanan yang dapat memberikan engagement bagi konsumen," ujar Arief dalam rekaman video sebagai keynote speech acara penganugerahan The 2nd Wow Brand Festive Day 2017.

Hermawan Kertajaya selaku Founder & Chairman MarkPlus Inc menambahkan tahun ini isu utama yang diangkat ialah digital branding, mengacu pada konsep marketing 4.0 yang telah dikembangkan oleh Philip Kotler.

"Acara The 2nd Wow Brand Festive Day 2017 ini membahas isu terbaru dan update mengenai branding, khususnya di Indonesia," paparnya.

Seperti diketahui, keberadaan platform digital saat ini telah banyak melakukan perubahan terhadap perilaku manusia.

Transformasi dari tradisional ke digital sejalan dengan masifnya pengaruh online dan media sosial dalam proses pengambilan keputusan individu.

Menjadi salah satu alasan kuat mengapa mayoritas brand menggunakan platform digital untuk melakukan aktivitas branding mereka.

Konsep Wow Brand merupakan instrumen penting bagi para marketers untuk memahami situasi pasar, mengukur kesenjangan dengan kompetitor, dan memberikan saran strategi kepada pelaku bisnis dalam mendominasi industrinya.

Konsep tersebut menyelaraskan 5 aspek utama, yang dikenal sebagai 5A, yakni aware-appeal-ask-act-advocate yang menjadi dasar penilaian pemenang penghargaan tersebut.

Hasil dari riset itu juga membandingkan antara advocate dengan awareness yang menghasilkan BAR (brand advocacy ratio).

Untuk kategori best of the best digital campaign, Semen Gresik meraih penghargaan silver untuk campaign "Keluarga Kokoh".

Sedangkan BCA meraih penghargaan gold untuk campaign "Hari Ibu".

Kementerian Pariwisata meraih penghargaan bronze untuk campaign "Trip of Wonders".

Begitu juga Achilies meraih penghargaan bronze untuk campaign "Go With Trust".

M Saifudin, Commercial Director Semen Gresik, menjelaskan strategi perseroan untuk menciptakan branding yang kuat di antaranya karena terjalinnya keselarasan antara fundamental produk yang berkualitas, peran marketing yang terukur, serta campaign yang tepat sasaran.

"Dengan keselarasan itu, customer akan aware dan percaya sehingga dapat ngefans dengan produk kami," paparnya di sela-sela acara tersebut.

Keselarasan tiga proses itu, lanjut dia, sangat penting dari mulai membangun produk berkualitas, meredefinisi segmentasi pasar (marketing), dan didukung campaign yang sekarang lebih ditarget sesuai kebutuhan.

"Kalau dahulu campaign hanya tingkat distributor, tapi sekarang ke end user seperti rumah tangga, tukang bangunan, dan kontraktor," katanya.

Untuk tukang bangunan, anak usaha dari holding PT Semen Indonesia Tbk membuat platform digital yakni jagobangunan.com yang dapat menjadi database end user yakni tukang bangunan dan kontraktor.

Dua platform digital itu, kata Saifudin, dapat diselaraskan sehingga menjadi database yang solid, dan menjadi alternative channel untuk transaksi online (e-commerce).

"Selain itu, kami juga tetap melakukan endorsement dan menggunakan influencer untuk co branding. Diharapkan langkah-langkah ini dapat membuat kami memenangi persaingan pasar di tengah maraknya kemunculan merek-merek baru semen," tuturnya.

 

Sumber : http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/03/09/semen-gresik-raih-dua-penghargaan-wow-brand-dari-markplus?page=3

Artikel Terkait